Siswi SMAN 4 Jayapura Lulus Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua Al-Rasyid, siswi kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jayapura, Papua dinyatakan lulus seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Ia salah satu dari lima siswa/siswi dari Papua dan Papua Barat, yang mengikuti tes program belajar selama satu tahun di Amerika Serikat, yang diselenggarakan lembaga Bina Antarbudaya.

“Di Amerika nanti saya akan menempuh pendidikan di Meadowdale High School, Kota Lynnwood, Washington selama 1 tahun,” kata siswi kelahiran 26 Mei 2005 di Jayapura, Senin (26/7/2021).

Baca Juga

Untuk bisa terpilih, ujarnya, seluruh perserta wajib melewati serangkaian proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai dari seleksi berkas, seleksi daerah, sampai dengan seleksi nasional.

Dari Provinsi Papua dan Papua Barat diikuti sebanyak lima peserta, namun setelah menjalani tes wawancara satu orang gugur. Kemudian masuk tahapan tes dinamika kelompok satu orang lagi dinyatakan gugur, dan setelah masuk tahap tes nasional dua orang kembali dinyatakan gugur, sehingga tersisa satu orang.

Alhamdulillah, saya lolos sebagai finalis. Bahkan setelah menjalani tes Internasional English Language Testing System (IELTS) khusus untuk pertukaran pelajar, saya dinyatakan lulus, sehingga tak perlu lagi mengikuti pelajaran tambahan, khususnya Bahasa Inggris,” ujarnya.

Related Posts

Add New Playlist