PDI Perjuangan Bongkar Ketika AHY Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR BPN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Menteri ATR/BPN. Elite PDIP yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang, tidak mempersoalkan keputusan Jokowi.

“Ya sah-sah saja kan hak prerogatif presiden untuk menunjuk dan menempatkan pembantunya dalam menjalankan roda pemerintahan ini,” kata Junimart saat dihubungi, Rabu (21/2/2024).

Junimart menegaskan partainya tidak akan pernah mencampuri pilihan Jokowi. Dia mengatakan selama ini partainya berkomitmen mengawal pemerintahan.

Baca Juga

“Partai kami tidak akan mencampuri hak prerogatif presiden. Kami mengawal pemerintahan selama ini sesuai aturan. Itu komitmen partai kami. Pemerintahan untuk rakyat,” ucapnya.

Meski begitu, Junimart menegaskan seorang Menteri ATR harus memahami pertanahan dan tata ruang. Dia mengingatkan persoalan dan carut marut di sektor agraria yang kompleks.

“Yang paling pokok seorang menteri yang ditempatkan di ATR/ BPN menurut saya sebelumnya wajib paham tata kelola menyangkut pertanahan dan tata ruang serta pembenahan internalnya untuk kerja kerja lebih baik ke depan sebagaimana kita tahu carut marut masalah pertanahan di Indonesia sangat kompleks beririsan dengan kepentingan hak atas tanah masyarakat,” jelasnya.

“Monggo saja, toh tidak ada larangan untuk itu. Beberapa ketum partai juga saat ini ada dalam kabinet. Kita mendukung sepanjang itu pembenahan kepentingan tanah untuk rakyat,” lanjutnya.

Related Posts

Add New Playlist