Kerennn, Dubes RI Nairobi Bersama Rektor UNY Gencarkan Promosi Pendidikan Indonesia di Kenya

“Diplomasi Pendidikan merupakan salah satu prioritas utama kami di perwakilan dan kami sangat gencar memperkenalkan kampus-kampus di Indonesia kepada warga Kenya dan negara akreditasi lainnya” ujar Dubes RI Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin dalam pertemuan pemuda-pemudi Kenya dengan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tengah berkunjung ke negeri tersebut, 16 Desember 2022.

Delegasi UNY yang terdiri dari Rektor UNY – Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama – Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, Sekretaris Rektor – Prof. Soni Nopembri, Ph.D, Kepala Pusat Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi – Dr. Dwiyanto Djoko Pranowo, M.Pd, Sekretaris Kantor Layanan Admisi – Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes dan Sekretaris Rektor – Satya Perdana. KBRI Nairobi sendiri sangat berperan penting dalam memfasilitasi dan menjembatani kunjungan tersebut dengan mempertemukan pihak-pihak terkait di berbagai Universitas di Kenya.

Umma University menjadi salah satu kampus yang dikunjungi rombongan delegasi tersebut bersama Dubes Hery dan Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Nairobi – Sabriana Jayaputri.

Baca Juga

Kunjungan delegasi UNY dimaksudkan untuk promosi program pendidikan, termasuk beasiswa untuk berbagai program strata yang ditawarkan oleh UNY kepada para calon mahasiswa dari Sfrika Timur. Kunjungan UNY tersebut juga ditujukan untuk memperluas jejaring kerjasama dengan mitra Universitas di Afrika Timur, khususnya Kenya.

Selain kunjungan ke Umma University, delegasi juga melakukan diskusi secara online dengan Dekan dari Chandaria School of Business United States International University – Africa, Dr. Timothy Okech dan juga beberapa dosen dari Kenyatta University dalam temu pemuda pemudi Kenya dan negara akreditasi lainnya secara hybrid.

Agenda kunjungan delegasi UNY sangat padat dan menghasilkan beberapa rancangan kerjasama dalam kerangka Sister University Cooperation, yang salah satunya dengan pihak Umma University.

Selain itu, UNY turut mempresentasikan berbagai program menarik yang ditawarkan kepada pemuda-pemudi Kenya, antara lain Global Faculty Exchange Program yang meliputi kunjungan Profesor, Joint-Supervision, Joint Teaching, Dosen tamu serta program magang; Global Student Exchange Program; Global Experience Learning Program; International Credit Transfer; International Summer Course yang meliputi kursus Bahasa Indonesia, kursus massage dan therapy, Orchid in Vitro Culture, Masakan Tradisional Indonesia serta Fashion design.
Para generasi muda Kenya yang hadir dalam kesempatan temu dengan Rektor UNY menunjukkan ketertarikannya untuk mempelajari mengenai seni budaya Indonesia yang menjadi bagian program yang ditawarkan. Dubes Hery juga menegaskan bahwasannya kerjasama Pendidikan termasuk pemberian berbagai program beasiswa menjadi aset penting dalam mendidik dan melahirkan generasi muda penerus yang berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang. Hal ini menjadi filosofi dari Diplomasi Pendidikan yang dipromosikan dan dikembangkan secara berkesinambungan oleh Dubes Hery yang juga seorang dosen di salah satu Universitas di Indonesia.
“Pendidikan menjadi pilar terpenting dalam menciptakan bibit unggul para calon pemimpin bangsa yang akan meneruskan memperkokoh kerjasama bilateral Indonesia dan Kenya secara lebih produktif lagi,” Dubes Hery menegaskan dalam sambutannya baik saat mengunjungi Umma University bersama delegasi UNY maupun saat petemuan dengan pemuda-pemudi Kenya.

Related Posts

Add New Playlist