Hari Penanaman Pohon Indonesia, PLN Berikan Bantuan Penanaman Bibit Pohon

30

Sebagai bentuk kepedulian PLN untuk mengurangi pemanasan global dan menjaga lingkungan hidup, PLN UIW (Unit Induk Wilayah) Sulselrabar berpartisipasi dalam Hari Penanaman Pohon Indonesia dengan memberikan bantuan penanaman sebanyak 675 bibit pohon produktif bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sulsel yang diserahkan kepada Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat, 15 November 2019.

PLN berharap dengan adanya bantuan Bina Lingkungan dari PLN maka manfaatnya dapat dirasakan langsung bagi masyarakat dan lingkungan, menjaga kelestarian hutan dan bagi masyarakat tentu terjadi pemberdayaan ekonomi untuk memanen tanaman produktif berupa 225 bibit pohon mangga, 225 bibit pohon rambutan, dan 225 bibit pohon durian montong.

“Kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan, hal ini sebagai langkah untuk menjaga alam. Selain itu melalui program bina lingkungan kami berharap agar warga sekitar bisa menikmati dan merasakan manfaatnya secara ekonomi. Kami juga berharap dukungan dari masyarakat agar bisa melaksanakan pekerjaan kami yaitu menerangi seluruh negeri hingga ke pelosok,” kata Manager Komunikasi PLN UIW Sulserabar Eko Wahyu Prasongko.

Advertisement

Kepedulian PLN UIW Sulserabar terhadap lingkungan membuat kegiatan serupa juga dilakukan pada tahun lalu, tahun 2018 PLN UIW Sulselrabar bekerjasama dengan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) serta Balai Taman Nasional Bantimurung menanam 1.000 pohon dengan 10 jenis tanaman yang diprioritaskan, yakni tanaman produktif yang dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman khas lokal dan dapat mengurangi pencemaran.

Pada tahun lalu, lokasi penanaman pohon \ berfokus pada wilayah sekitar PLN tepatnya di Desa Pattanyamang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan yang dibagi menjadi dua bagian yaitu Kawasan Taman Nasional dan lahan kritis yang nantinya akan dibudidayakan oleh sekitar 50 kelompok tani sekitar. Adapun jenis bibit pohon yang diberikan diantaranya adalah Pohon Manggis, Durian, Mangga (kristal, golek, gadung, manalagi, harumanis), Rambutan, dan Cengkeh.

Diharapkan dengan adanya bantuan berkelanjutan ini dapat mewujudkan meningkatnya ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini juga menjadi wujud kepedulian PLN akan kehidupan dan kegiatan masyarakat sekitar yang menjadi salah satu misi PLN yaitu menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

 

Info Lomba Terbaru