5 Manfaat Safron Bagi Generasi Millenial

10

Bunga safron baerasal dari tumbuhan Crocus Sativus, bunga ini memiliki tiga kepala putik, bagian tangkainya menjadi penghubung kepala dan putiknya inilah yang disebut safron. Tumbuhan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cara terbaik untuk menikmati rasa dari putik safron adalah dengan merendamnya dengan air panas atau bisa juga dicampurkan saat kamu membuat teh tapi pastikan saat merendam putik saffron jangan sampai mendidih. Tambahkan cairan lain ke minuman olahan tersebut supaya menambah cita rasanya.

Safron sudah tersedia di sebagian besar pasar khusus dan dapat dibeli dalam bentuk bubuk, namun lebih baik membelinya secara utuh agar meminimalisir kemungkinan mendapatkan safron yang sudah dipalsukan.

Advertisement

Safron kaya akan manfaat lho, mau tau apa saja?

1. Meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi

Safron ternyata bisa membantu mencerahkan suasana hati yang sedang gundah gulana.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengonsumsi 30 mg safron setiap hari sama efektifnya dengan Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram yaitu pengobatan konvensional untuk depresi.

Walau begitu, studi lain yang lebih matang dibutuhkan sebelum safron dapat direkomendasikan sebagai pengobatan untuk depresi.

2. Kandungan antioksidan yang tinggi

Safron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, yaitu molekul yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Antioksidan safron yang terkenal meliputi crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Senyawa tersebut bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan progresif, mengurangi peradangan, sifat anti kanker, dan aktivitas antidepresan.

3. Mengurangi gejala PMS

Pre-menstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi.

Studi lain juga menemukan bahwa menghirup bau safron selama 20 menit dapat membantu mengurangi gejala PMS, seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

4. Membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian, safron dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Dengan begitu lingkar pinggang dan massa lemak total bisa berkurang secara signifikan.

5. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam safron dipercaya dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya penyebab kanker.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian menggunakan tabung reaksi. Safron dan senyawanya telah terbukti mampu untuk membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, sementara sel-sel normal dibiarkan tidak terluka.

Info Lomba Terbaru