Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah

Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah

Oleh Nursalamah Siagian dkk

Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama. Hal itu termaktub dalam buku Moderasi Beragama yang diterbitkan Kementerian Agama (2019).

Baca Juga

Moderasi beragama menjadi demikian penting sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam buku tersebut. Ada sejumlah alasan yang menyertainya. (1) Moderasi beragama menjadi cara untuk mengembalikan praktik beragama agar sesuai dengan esensinya, dan agar agama benar­-benar berfungsi menjaga harkat dan martabat manusia, tidak sebaliknya. (2) Agar peradaban manusia tidak musnah akibat konflik berlatar agama. (3) Moderasi beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan kita dalam merawat keindonesiaan.

Moderasi beragama bahkan dijadikan salah satu program prioritas nasional Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dalam Renstra Kementerian Agama tahun 2020-2024, moderasi beragama dan kerukunan umat beragama juga dijadikan salah satu sasaran strategis pembangunan bidang agama yang perlu ditingkatkan. Kementerian Agama memfasilitasi modul moderasi beragama serta menjadikan misi moderasi beragama di setiap aktifitas kegiatan madrasah.

Related Posts

Add New Playlist