Mantab, Bank Jambi Raih Penghargaan ‘Asia’s Leader in SME Banking

Bank Jambi meraih penghargaan “Asia’s Leader in SME Banking” dari IDC Financial Insights Innovation Awards (FIIA), Jum’at (26/3/2021). Acara yang diselenggarakan oleh IDC Financial Insights ini menganggap Bank Jambi telah berhasil menginisiasi kolaborasi digital dalam mendukung program pemerintah penggerak ekonomi daerah seperti penguatan usaha mikro kecil menegah di Jambi.

Bank Jambi menitikberatkan pada ketersediaan ekosistem keuangan digital mulai dari kesetaraan akses teknologi finansial bagi UMKM, melahirkan produk UMKM berkualitas tinggi hingga iklim bisnis yang berkelanjutan (sustainable).

“Digitalisasi, terlebih yang berhubungan dengan _ecosystem partnership_ sering dianggap sukar dan mahal biayanya untuk bank BUKU 2 atau 1. Ini juga yang menjadi tantangan untuk Bank Jambi,” ujar Presiden Direktur Bank Jambi, Yunsak El Halcon, dalam keterangan persnya.

Baca Juga

Yunsak menambahkan Bank Jambi memiliki tim kepemimpinan yang berani menerapkan program digitalisasi UMKM. Tak hanya itu, Bank yang berdiri sejak tahun 1959 tersebut juga memiliki partner penyedia teknologi yang mampu menghubungkan nasabah dengan pelaku industri serta mempertahankan prinsip keterjangkauan biaya.

Sebagai informasi, Bank Jambi merupakan lembaga perbankan yang masuk kategori “100 high-quality” korporasi dunia dan didaulat sebagai “leading banks across the Asia-Pacific”. Sementara di level nasional, Bank Jambi menjadi Bank pembangunan daerah (BPD) pertama yang meraih penghargaan dari FIIA.

Setiap tahun, IDC Financial Inisights mengundang insitusi-institusi keuangan dengan prestasi inovatif di wilayah Asia-Pasifik. Prestasi maupun keunggulan yang mereka miliki lantas dianalisa oleh juri panel FIIA yang terdiri dari analis IDC Financial Insights dan praktisi independen. Pun penilaiannya berdasar pada serangkaian metrik seperti tingkat reponsif pada kebutuhan market, keefektifian pelaksanaan proyek hingga ketertarikan dan keberlanjutan market.

“Program digitalisasi UMKM oleh BPD Jambi merupakan contoh _excellent_ dari kolaborasi digital dan teknologi yang memainkan peran vital dalam mendukung terciptanya ekosistem perbankan inklusif dan akses yang setara untuk layanan keuangan,” kata Darshiny Selvaratnam, Senior Market Analis dan Direktur Program FIIA Awards dari IDC Financial Insigths.

“Langkah lembaga perbankan untuk membangun rantai penawaran pada ekosistem UMKM telah membantu UMKM lokal terlihat ke permukaan. Dan sebagai bank BUKU 2, strategi digital Bank Jambi tersebut telah menjadi contoh bagi lembaga perbankan se-level di Asia lainnya untuk mengadopsi strategi tersebut dalam memperkuat perekonomian lokal mereka,” tutup Selvaratnam.

Related Posts

Add New Playlist