Keren Teknologi ADAS di Wuling Almaz RS, Fitur Canggih yang Bikin Aman Berkendara

Keamanan berkendara menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan. Apalagi kecelakaan selama di jalan ini bisa terjadi kapan saja. Meski sudah berhati-hati dalam berkendara, kadang kecelakaan ditimbulkan justru karena kelalaian pengendara lainnya.

Inilah kenapa selain menghadirkan kenyamanan bagi pengendaranya, Wuling Almaz RS juga dilengkapi teknologi Advanced Driver Assistance System atau ADAS, yang mampu memberikan keamanan maksimal dalam berkendara.
Lantas, seperti apa kecanggihannya? Mari ulik bersama kecanggihannya berikut ini.

Manfaat Besar Teknologi ADAS pada Wuling Almaz RS

Kehadiran ADAS pada Wuling Almaz RS mampu memberikan manfaat besar untuk keselamatan berkendara, karena dapat mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan mengurangi dampak serius yang sulit dihindari. Sistem yang menggabungkan standar antarmuka terbaru dan teknologi ini menjalankan berbagai algoritma berbasis visi, guna mendukung multimedia yang sifatnya real time.

Baca Juga

Selain itu, teknologi ADAS juga mampu melakukan pemrosesan cerdas, karena dibenami subsistem sensor yang canggih. Sensor tersebut dapat memberikan respon lebih cepat, dibandingkan respon yang dilakukan oleh pengendara.

Di sisi lain, upaya peningkatan keselamatan dalam bidang otomotif, seperti air bag, sabuk pengaman tiga titik dan kaca anti pecah, sudah dilakukan sejak lama. Ketiganya dikenal sebagai bagian tindakan keselamatan yang sifatnya pasif, untuk meminimalkan cedera saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Nah dengan adanya ADAS, standar keselamatan tersebut dapat ditingkatkan, lewat bantuan perangkat cerdas. Hasilnya, kecelakaan dapat dikurangi dan cedera pada penumpang dapat diminimalkan.

ADAS pada Wuling Almaz RS Terbagi Menjadi Beberapa Kategori

Demi meningkatkan standar keselamatan dalam berkendara, Wuling tak setengah-tengah dalam menghadirkan fitur keamanan dalam kendaraannya. Walhasil, penerapan ADAS pada Wuling Almaz RS ini pun terbagi ke dalam beberapa kategori.
1. Adaptive Cruise Control (ACC)
Kategori ADAS yang pertama berupa Adaptive Cruise Control (ACC). Fitur ini akan secara otomatis melakukan penyesuaian antara kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan yang ada di bagian depan. Dengan begitu bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.
Untuk memaksimalkan kinerjanya, ACC dilengkapi dengan tiga sistem, yaitu Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), serta Intelligent Cruise Assistance (ICA). BCA dapat membantu mengurangi laju kendaraan secara otomatis, terutama saat kendaraan memasuki tikungan. Adapun TJA dapat membantu kendaraan menjaga jarak aman secara otomatis dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancer. Sementara ICA akan mengatur laju kendaraan sesuai dengan laju lalu lintas.
2. Lane Recognition
Selanjutnya ada Lane Recognition yang menjadi kategori kedua dalam teknologi ADAS di Wuling Almaz RS. Sistem ini didukung dengan beberapa fitur, seperti Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). LDW, yaitu memberikan peringatan otomatis ketika mobil keluar dari lajur. Sedangkan LKA berfungsi secara otomatis dalam melakukan koreksi arah kemudi, agar kembali ke lajur yang aman atau sesuai.
3. Safe Distance & Braking Assistance
Pada kategori ketiga, sistem ADAS menghadirkan sistem Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali dengan beberapa fitur. Mulai Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) dan Collision Mitigation System (CMS).
Fitur SDW akan memberikan peringatan saat mobil yang ada di depan jaraknya terlalu dekat atau di bawah jarak aman. Sementara FCW akan mendeteksi adanya potensi tabrakan di bagian depan, sekaligus memberikan peringatan dalam bentuk suara dan tampilan visual.
Adapun AEB akan bekerja ketika pengemudi tak melakukan respon terhadap peringatan bahaya tabrakan. Sistem ini akan otomatis melakukan pengereman darurat. Kemudian, untuk IHBA akan menyesuaikan besarnya gaya pengereman yang dilakukan secara otomatis sesuai risiko bahaya maupun apabila gaya injak rem pengemudi tak mencukupi. Sedangkan CMS dapat mengurangi kecepatan kendaraan untuk memperkecil keparahan cedera atau kerusakan jika potensi tabrakan tidak dapat dihindarkan.
4. Automatic Light
Kategori terakhir dari teknologi ADAS yang dihadirkan dalam Wuling Almaz RS berupa Automatic Light. Sistem ini diakomodasi lewat Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Teknologi ini akan membuat mobil secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama, sesuai kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar.
Dengan semua fitur canggih dalam teknologi ADAS yang dibenamkan di Wuling Almaz RS tersebut, berkendara yang aman sekaligus nyaman kini bisa didapatkan secara maksimal. Sebab, beragam hambatan di perjalanan maupun keadaan tak terduga yang bisa menyebabkan kecelakaan, bisa diminimalkan risikonya saat menggunakan Wuling Almaz RS. Dengan adanya promo subsidi PPnBM dari Wuling, kendaraan canggih ini pun bisa dimiliki dengan harga mulai Rp350.8 jutaan saja (OTR Jakarta).

Related Posts

Add New Playlist