Kebongkar Alasan Santri Jadi Barisan Terdepan Dukung Ganjar Mahfud Pada Pilpres 2024

Masa kampanye pemilihan presiden tahun 2024 sebentar lagi selesai dan menandakan selesainya ‘perang’ antar ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Banyak sekali cara-cara unik dan menarik yang dikeluarkan oleh masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden. Selama ini, kita banyak melihat ketertarikan pasangan calon untuk menggaet Sebagian besar pemilih yang merupakan anak muda di Indonesia dengan melakukan hal-hal yang seperti anak-anak muda lakukan. Alhasil, anak-anak muda di Indonesia menjadi terpecah suaranya karena menemukan ketertarikan yang berbeda.

Malangnnya, Pasangan calon presiden dan wakil presiden sekarang hanya terfokus kepada anak muda yang gaul saja, santri di Indonesia jadi tak kebagian janji janji calon presiden dan wakil presiden. Menurut para santri, hanya ada satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang peduli dan ingin bekerja menyejahterakan hidup para santri di Indonesia, pasangan calon tersebut adalah Ganjar-Mahfud.

Menurut Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang telah melakukan survey kepada 54% santri di Jawa. Dari jumlah 54% santri tersebut, 60% diantaranya memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan mereka pilih. Di beberapa daerah, santri maupun alumni santri juga mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar-Mahfud. Menurut mereka, ada beberapa hal yang penting dimiliki oleh seorang pemimpin yakni Suluk (perilaku), Nazofah (kebersihan), dan Muwazobah (ketekunan).

Baca Juga

Seperti yang kita ketahui, Ganjar merupakan seseorang yang ramah sekali kepada masyarakat kecil. Beliau seringkali turun ke desa-desa untuk mendengar secara langsung keresahan masyarakat. Beliau juga sering berkunjung ke pondok pesantren untuk sekedar bersilaturahmi atau juga mendengar keluh kesah santri. Ganjar juga terlihat selalu berpakaian rapih dan bersih. Serta yang terakhir, ketekunan beliau adalah salah satu yang harus diapresiasi karena telah memimpin menjadi Gubernur Jawa Tengah selama 10 tahun lamanya.

Hal-hal di atas sudah menunjukkan bahwa Ganjar adalah calon yang ideal bagi seluruh santri dan juga bagi Indonesia. Mereka juga berpendapat bahwa Ganjar itu inklusif dalam bicara, tidak eksklusif hanya untuk kepentingan agama tertentu, hal ini tentunya berbeda jauh dengan politik identitas yang selama ini orang-orang gaungkan.

Membalas hal tersebut, Ganjar berharap bahwa para santri dan kyai selalu memiliki kesadaran dan komitmen untuk selalu melaksanakan persatuan dan kesatuan di Indonesia, salah satunya dengan silaturahmi-silaturahmi seperti yang selama ini beliau contohkan. Ia mengaku bersyukur dapat dukungan yang melimpah dari para santri. Para santri juga mengapresiasi Ganjar yang tidak pernah memaksakan pilihan politik bagi para santri di Indonesia.

Related Posts

Add New Playlist