Dibalik Gegap Gempita Perayaan HUT RI ke-74, PDKB Banda Aceh Siap Berikan Layanan Terbaik

27

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74, masyarakat Indonesia merayakannya dengan gegap gempita. Dari mulai Upacara peringatan, lomba-lomba 17 Agustus, sampai konser dan pesta rakyat, dibalik semua perayaan tersebut, terdapat sosok pasukan elite PLN yang siap siaga dalam mengamankan pasokan listrik Indonesia, pasukan elite tersebut dinamakan Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) PLN.

PLN memiliki sebanyak 1.321 pasukan PDKB yang tersebar se-Indonesia, termasuk di Banda Aceh yang sudah melaksanakan pekerjaannya sejak tahun 2010. Menjelang perayaan HUT RI ke-74 yang dirayakan secara terpusat oleh PLN di Kota Banda Aceh, tim PDKB TM (Tegangan Menengah) 20 kV dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banda Aceh melaksanakan pekerjaan berupa penggantian jumperan yang menghubungkan penyulang utama dengan penyulang percabangan, di jalan raya Panglima Nyak Makam daerah Pango, Banda Aceh pada 16 Agustus 2019.

Pekerjaan ini dilakukan setelah petugas melaksanakan inspeksi rutin setiap seminggu sekali pada Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM). Saat inspeksi yang dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2019, dengan menggunakan thermovision check ditemukan terdapat kenaikan suhu di penghantar jumper antar kedua penyulang, dari hasil pengecekan tersebut dianalisa berpotensi putus apabila tidak segera diganti. Mengingat potensi tersebut membahayakan maka dilakukan penggantian kawat jumperan satu hari menjelang peringatan HUT RI ke 74.

Advertisement

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terus-menerus tanpa harus dilakukan pemadaman agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dari PLN, meski pekerjaan tersebut membahayakan namun berkat keahlian, keterampilan dan kekompakan tim PDKB UP3 Banda Aceh maka pengantian kawat jumperan dapat dilaksanakan sekitar 45 menit dengan seluruh petugas aman dalam melaksanakan pekerjaannya.

Pasukan Tim PDKB PLN Banda Aceh dalam melaksanakan tugasnya mampu menyelesaikan sekitar 40 lokasi pekerjaan pada penghantar 20.000 Volt dengan penyelamatan energi tersalur sekitar 160 ribu kwh perbulan.

Supervisor Tim PDKB TM PLN Banda Aceh Eko mengungkapkan kebanggaannya dapat tergabung dan memimpin pasukan PDKB TM.

“Kebanggaan tersendiri kita bisa jadi pasukan PDKB, sebagai tim elite nya PLN, melakukan pekerjaan tanpa padam, sehingga penyaluran listrik tidak terputus, dengan ini PLN bisa tetap memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya.” kata Eko.

Eko juga mengungkapkan bahwa menjadi pasukan PDKB TM perlu selalu menjunjung tinggi rasa solidaritas dan kerjasama dalam tim serta mengedepankan konsep zero accident, patuh terhadap Standing Operation Procedure (SOP) yang mengutamakan teamwork, dan profesionalisme kerja. Tim PDKB menjadi bukti bahwa PLN selalu berupaya meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

 

Info Lomba Terbaru