Begini Wasiat Sutopo Tentang Tempat Pemakamannya

13

Sutopo Purwo Nugroho (49) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikenal sebagai tokoh yang berdedikasi pada kebencanaan di Indonesia meninggal dunia pada Minggu (7/7/2019) dini hari di Guangzhou, Tiongkok, saat menjalani pengobatan kanker paru-paru.

Sutopo berpulang sekitar pukul 02.20 waktu setempat atau sekitar pukul 01.20 WIB di St. Stamford Modern Cancer Hospital, setelah dirawat sejak 15 Juni 2019.

Namun Jenazah Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho rencananya akan dipulangkan ke Indonesia hari ini. Namun belum diputuskan, di mana Sutopo akan dimakamkan.

Advertisement

Berdasarkan komunikasi istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih dengan sekretaris pribadi Sutopo disebutkan, almarhum ingin dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur karena dekat dengan rumahnya. Adapun kediaman almarhum di Raffles Hills Blok I6 No.15 Harjamukti, Cimanggis, Sukatani, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, 16454.

“Bapak dulu pernah bilang ke saya, kalau meninggal dunia minta dimakamkan di Pondok Rangon biar dekat,” kata Retno Utami Yulianingsih dalam percakapan WA dengan sekretaris pribadi Sutopo.

Sutopo yang divonis kanker paru stadium empat saat pertama kali mengetahui penyakitnya mengaku kaget karena dirinya bukan perokok dan menjaga pola makan sehat. Dalam beberapa unggahan foto di akun media sosial Instagram miliknya Sutopo juga sering menceritakan bahwa penyakit kanker yang dideritanya terasa sangat menyakitkan.

Semasa pengabdiannya Sutopo pernah didatangi wartawan New York Times bernama Richard C Paddock untuk meminta wawancara khusus dan foto. Paddock menilai Sutopo menginspirasi lantaran tetap sigap memberikan informasi seputar bencana di Tanah Air di tengah penyakit kanker yang dideritanya.

Info Lomba Terbaru