Advent Respon Cepat (ARC) Bantu UMKM Terdampak Pandemi Covid-19 dengan Salurkan Tabung Oksigen dan Makanan

Di tengah situasi genting pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memberikan dampak lumpuhnya banyak sektor di Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi. Pada bulan Juli ini, pemerintah menerbitkan aturan PPKM darurat yang diperpanjang hingga PPKM level 1-4. Hal tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan para pekerjanya, sehingga pekerja tidak menghasilkan penghasilan untuk keluarganya maupun kebutuhan sehari-hari. Masyarakat bertahan hidup dengan saling bahu-membahu meringankan beban sesama.

Seperti halnya yayasan pelananan masyarakat yang saat ini banyak melahirkan program positif guna membantu masyarakat yang umumnya terdampak dalam situasi pandemi Covid-19, yakni Advent Respon Cepat (ARC). Yayasan tersebut bergerak dalam bidang kemanusiaan seperti tanggap bencana atau pelayanan masyarakat yang terjun langsung mengulurkan kebaikan kepada seluruh warga Indonesia.

_Executive Director,_ Kurniawan Eko Susetyo mengatakan, saat ini Advent Respon Cepat (ARC) tengah menggencarkan program berupa berbagi dengan masyarakat yang paling terkena dampak pandemi Covid-19 seperti ojek online, pedagang kaki lima maupun warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Kurniawan menambahkan, umumnya Advent Respon Cepat membantu mereka yang tidak dapat mengais rezeki di tengah PPKM, seperti penjual yang mulai kehilangan pelanggan akibat adanya pembatasan mobilitas masyarakat selama Covid-19 berlangsung.

Baca Juga

“Dalam kegiatannya, kami membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan membeli dagangan mereka sebanyak-banyaknya, untuk kemudian dibagikan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri secara _door to door,_ ojek online, maupun masyarakat di pinggir jalan,” jelas Kurniawan.

Data Advent Respon Cepat (ARC) menunjukkan, kegiatan yang telah dilakukan selama 6 hari tersebut setidaknya telah tersebar di berbagai wilayah, seperti Jakarta, Bogor dan Bekasi dan hingga saat ini total terdapat lebih dari 10.000 box yang telah dibagikan, dengan target 1.500 box perhari.

Kurniawan Eko menerangkan, dengan adanya program berbagi yang telah diterapkan oleh Advent Respon Cepat (ARC) tersebut, dirinya ingin mencapai tujuan kebaikan yakni berbagi makanan kepada siapapun yang lapar, sebab diketahui terdapat lebih dari 100.000 orang yang kelaparan setiap harinya. Tak lupa, kegiatan ini juga didukung oleh banyaknya donatur umum secara individual maupun dari perusahaan.

Diketahui sebelumnya Advent Respon Cepat (ARC) juga telah menjadi penyalur tabung oksigen terbesar di Indonesia sejak gelombang kedua pandemi Covid-19 pada akhir Juni lalu dan telah menyalurkan lebih dari 4.000 tabung oksigen yang menyebar ke seluruh Indonesia seperti Jabodetabek, Lampung, Bandung, hingga Solo.

Related Posts

Add New Playlist