Video Santri Gontor Saintis Viral di Kanal Youtube, Berikut 5 Keunikannya!

Hari ini, Jumat, 1 Oktober 2021, video klip Santri Saintis akhirnya dirilis di kanal YouTube gontortv.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Santri Saintis adalah sebuah lagu yang terinspirasi dari ungkapan yang sering disampaikan oleh pendiri Gontor, “Jadilah ulama yang intelek, bukan sekedar intelek yang tahu agama.”

Awalnya, lagu ini diinisiasi oleh seorang santri yang tergabung dalam Exact Club, sebuah klub kegiatan ekstrakurikuler santri yang memiliki aktivitas melakukan berbagai eksperimen fisika, kimia, elektronika dan biologi di laboratorium KMI Gontor.

Baca Juga

Lagu ini bercerita tentang santri yang mampu menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu sains dan mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi dunia di masa depan.

Ada setidaknya lima fakta unik dari lagu ini.

1. Buku Avicenna (Ibnu Sina) berjudul the Canon (Al-Qanuun fi At-Thibb) yang tampak dalam video klip Santri Saintis merupakan salah satu rujukan utama dalam pengembangan ilmu kedokteran.

2. Lagu ini dirilis pada Hari Kesaktian Pancasila. Sila pertama dari Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, turut mengilhami lahirnya lagu ini.

3. Mempelajari buku yang ditulis Averroes (Ibnu Rusyd) yang disebutkan oleh seorang ustadz dalam video klip, memang salah satu kurikulum yang diajarkan di berbagai pesantren, salah satunya di Gontor dan berbagai pondok alumni Gontor.

4. Tiga ratus enam puluh lima koma dua puluh lima, yang disebutkan dalam salah satu bait berbahasa Inggris adalah jumlah hari dalam setahun. Itulah mengapa setiap empat tahun kita mengalami tahun kabisat.

5. Zero Gravity Impact, yang tampak dalam salah satu adegan video klip, adalah sebuah scope penelitian yang terus digali dan dieksplorasi oleh para saintis.

Link Youtubenya:

Apakah anda menemukan fakta unik lainnya dari Santri Saintis? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Related Posts

Add New Playlist