Tim Indonesia sabet 2 perak dan 2 perunggu dalam ajang olympiade internasional kimia ke 51 di Paris

9

Kembali 4 putra putri terbaik bangsa Indonesia mengharumkan nama baik Indonesia dalam ajang Olimpiade Internasional bidang Kimia (IChO), yang berlangsung sejak tanggal 22 – 29 Juli di Paris, tepatnya di La maison de la chimie. Tahun 2019 ini merupakan even IChO yg ke 51, yg dibuka oleh Menteri Pendidikan nasional dan pemuda, Perancis, Jean-Michel Blanquer. Hadir juga dalam pembukaan adlh peraih nobel kimia pd tahun 2016 lalu, Prof. Jean-Pierre Sauvage dan memberikan kuliah umum kepada seluruh peserta.

Tim Indonesia yg dipimpin oleh Dr. Riwandi Sihombing dengan anggota Dr. Agustino Zulys, Dr. Deana Wahyuningrum, dan Prof. Dr. Djulia Onggo yg didukung penuh oleh Kemdikbud sejak awal melakukan pembinaan secara sngguh- sungguh. Tim siswa dr Indonesia terdiri dr Bakuh Danang Setyo Budi (SMA Semesta BBS Semarang), Bayu Dwiputra (SMAN 2 Tangerang Selatan), Winston Cahya (SMAK  Petra 2 Surabaya), dan Jessica Mary Listijo (SMA Penabur Gading Serpong). Sebelumnya, disela-sela agenda padat ada waktu free yg diberikan panitia, mk tim IChO Indonesia sempat singgah di KBRI Paris dan diterima oleh Atdikbud, Prof. Warsito. Prof. Warsito, mewakili Dubes, disela2 acara penutupan menyampaikan rasa bangga kpd para siswa duta bangsa dan jg terima kasih kpd para pembimbing yg telah bersusah payah mengharumkan nama bangsa dikancah internasional. Kepada para siswa, Prof. Warsito berpesan agar tetap mencintai sains, karena sainslah sumber semua pengembangan teknologi.

IChO ke 51 ini diikuti sekitar 310 siswa siswi SMA dari 80 negara dan juga sekitar 20 siswa dari 5 negara sebagai observer. Di tengah padatnya agenda, panitia mengajak para peserta untk berkunjung ke situs wisata terkenal kota Paris, musee de l’ouvre, tour eiffel, menyusuri la seine, dan champs elysees.

Advertisement

Tepat pukul 16.00 waktu Prancis, Senin 29 Juli, MC mulai mengumumkan para pemenang IChO ke 51, Tim Indonesia memperoleh 2 medali Perunggu atas nama: Bayu Dwiputra dan Jessica Mary Listijo. Dua tim Indonesia lainnya Winston Cahya dan Bakuh Danang Setyo Budi, dua-duanya memperoleh medali Perak. Dengan demikian keempat-empatnya delegasi Indonesia memperoleh medali, capaian yg luar biasa.

Info Lomba Terbaru