Rakyat Bongkar Kepuasannya Saat Closing Statement Ganjar Pada Debat Capres Kelima

Oleh: Faisal Deka Sunandar (Netizen Kota Bekasi)

Pada debat final malam ini (4/2), seperti biasa seluruh calon presiden diberikan waktu untuk menyampaikan pesan penutup atau closing statement. Kesempatan dimulai dari pasangan calon nomor urut 01, 02, dan yang terakhir adalah giliran Ganjar Pranowo. Closing statement Ganjar Pranowo dinilai sangat menyentuh hati rakyat Indonesia sebab di dalamnya beliau menyampaikan banyak hal yang dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia.

Dalam closing statementnya, beliau menjanjikan tiga hal yang dinilai realistis dan tak memaksakan yakni taat kepada tuhan, patuh kepada hukum, dan setia kepada rakyat. Janji tersebut dinilai telak dibandingkan janji pasangan calon lainnya yang terlalu imajinatif dan tak realistis sehingga dapat dirasakan akan terjadi oleh rakyat. Beliau juga menjelaskan bahwa rakyat Indonesia sangat sering dikecewakan oleh pemimpinnya secara langsung ataupun secara tidak langsung. Contohnya ketidakmerataan pembangunan, diskriminasi pendidikan dan kesehatan jadi contoh kedzaliman seorang pemimpin dan Ganjar tak ingin hal itu terjadi lagi di Indonesia.

Baca Juga

Ganjar tidak ingin membuat janji-janji yang terlalu sulit bahkan tak mungkin dilaksanakan. Karena janji tersebut tidak akan terlaksana dan rakyat akan menjadi apatis terhadap pemimpin yang menjadikan pemimpin tersebut dzalim kepada rakyatnya.

Ganjar mengajak rakyat untuk memilih pemimpin yang konsisten, visioner, dan mampu mendengarkan dan dekat dengan rakyatnya. Dengan lantang Ganjar juga menyinggung permasalahan politik yang sedang terjadi di Indonesia, yakni politik dinasti agar dihentikan dan dilawan. Kepentingan politik yang mengarah kepada kepentingan keluarga juga harus dilawan, utamanya KKN di Indonesia harus dibasmi secara habis.

Ganjar juga membahas kriteria pemimpin pada debat tahun 2019 dahulu saat Ia menjadi tim kampanye Jokowi, untuk tidak memilih pemimpin yang memiliki rekam jejak pelanggaran HAM dan rekam jejak korupsi, yang tentunya menyinggung pasangan calon presiden dan wakil presiden lain secara halus.

Ganjar berjanji untuk menjaga rakyat karena Ia bersaksi bahwa rakyat adalah sumber energi dan detak jantung nya. Ganjar siap untuk memulai era baru di Indonesia dimana tidak ada satupun rakyat Indonesia yang ditinggalkan.

Closing statement yang tidak neko-neko dan imajinatif serta dengan halus menyindir pasangan calon lain membuat para pengamat politik menggambarkan closing statement dari Ganjar adalah yang paling elegan dan yang paling layak disematkan sebagai closing statement terbaik selama berlangsungnya debat capres dan cawapres selama ini.

Related Posts

Add New Playlist