Perhatikan Beberapa Hal Ini, Agar Pakaian di dalam Koper Kamu Tetap Rapi!

Laporan: Mutiaradha Syaifitri

Mengemas barang merupakan salah satu hal sangat penting yang harus dilakukan saat akan travelling.

Apalagi bagi kamu yang liburannya hingga berhari-hari. Hal yang tidak boleh ketinggalan pastinya adalah pakaian dan perintilan mendukung lainnya. Menjaga pakaian agar tetap rapi dan tidak kusut itu sangat perlu kamu lakukan. Pasalnya, pakaian yang rapi akan membuat penampilanmu semakin keren saat liburan atau berfoto yang nantinya akan diunggah di akun sosial media kamu.

Baca Juga

Supaya pakaianmu tidak kusut saat pengemasannya, berikut beberapa cara mudah yang harus dilakukan agar pakaian di dalam koper kamu tetap rapi:

1. Pilih koper kecil-medium

Semakin besar koper yang akan dibawa, nantinya akan semakin banyak juga barang-barang yang ingin dibawa untuk mengisi koper. Sebaiknya, pilihlah koper atau travel bag yang ukurannya tidak terlalu besar atau medium. Dengan cara ini, kita mau tidak mau harus lebih memikirkan lagi dengan hati-hati barang apa saja yang memang sangat dibutuhkan ketika berlibur.

Kamu bisa menyocok-nyocokan terlebih dahulu baju yang kira-kira cocok di tempat wisata yang akan kamu kunjungi, setelah itu buat daftar pakaian per hari yang kamu akan pakai nantinya, untuk menghindari sisa baju yang tidak dibutuhkan. Pilih busana berbahan ringan, ketimbang baju-baju atau bawahan berbahan tebal yang makan tempat.

2. Menggulung pakaian

Baju akan tersusun rapih jika kamu menggulung pakaian yang ingin dibawa. Tahukah kamu, mengemas baju di koper dengan cara dilipat tidak lebih baik dari digulung sehingga tidak menyita banyak tempat. Selain itu, cara ini juga membuat baju tidak terlalu kusut.

Jika busana sudah dibuat jadwalnya per hari, outfit per hari ini bisa digulung bersama sehingga lebih praktis saat diambil dari koper ketika mau dipakai.

3. Kelompokan pakaian sesuai kategori

Kemas barang-barang yang satu jenis dalam satu kelompok di satu tas. Contohnya, segala peralatan mandi di satu tas sendiri, begitu juga dengan produk make up dan skin care. Dengan begini lebih mudah diambil dan rapi berada di koper.

Tas-tas kecil ini juga berfungsi sebagai cushion alias bantalan ekstra di koper yang banyak terombang-ambing selama perjalanan. Siapkan juga tas atau kantung sendiri untuk pakaian kotor, agar tidak tercampur dengan pakaian bersih. Dengan begitu, pakaian bersih kamu tidak ikut terkena baunya dari pakaian kotormu.

4. Travel size

Pindahkan barang-barang yang bisa dibawa dalam ukuran travel size. Contohnya segala peralatan mandi di botol travel size yang cukup untuk perjalanan beberapa hari. Bisa beli produk yang memang versi travel size, atau bisa diisi ke botol mini. Begitu sudah habis bisa langsung dibuang, koper jadi makin ringan. Selan itu, kamu juga bisa pakai cara lain dengan membeli paket travel size dengan material yang ringan agar bisa dipakai kembali di kemudian hari sawaktu-waktu ingin pergi berlibur kembali.

5. Isi sisi koper

Manfaatkan sisi-sisi celah koper yang kosong dengan mengisinya sebagai tempat kaus kaki (digulung) atau item lainnya yang bisa digulung. Tidak hanya memanfaatkan tempat yang kecil dengan maksimal, metode ini juga membantu barang-barang yang ringan berhamburan di dalam koper yang bisa membuat tata letak barang bawaan di dalam koper yang sudah tersusun rapi jadi berantakan.

Related Posts

Add New Playlist