Legacy Tinta Emas Presiden, Anak Muda Papua Launching Brand Smartphone dan Laptop di Acara Peresmian Gedung PYCH

Legacy Tinta Emas Presiden, Anak Muda Papua Launching Brand Smartphone dan Laptop di Acara Peresmian Gedung PYCH

Jayapura – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengunjungi kumpulan anak muda di Papua dan meresmikan Youth Creative Hub (PYCH) yang disusul dengan peluncuran brand smartphone dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP ID.

Momen ini menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian PYCH mengungkapkan bahwa terobosan ini menjadi yang pertama kali di Indonesia dengan Papua sebagai prioritasnya.

Baca Juga

“Ini akan menjadi ruang pemberdayaan kualitas SDM, sekarang kita lihat bersama PYCH di Jayapura. Ini yang pertama di Indonesia dan berada di Papua, nantinya agar juga dibangun di NTT, Papua Barat, Maluku dan Aceh mulai tahun ini,” jelas Presiden Jokowi.

Gedung PYCH merupakan gagasan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D dalam pengembangan potensi yang dimiliki anak muda papua.

“Papua miliki tempat khusus di hati Presiden, dengan perhatian khusus pembangunan termasuk pembangunan SDM Papua dan pengembangan SDM Putra Putri Papua. Oleh sebab itu mereka semakin mencintai Presiden,” ujar Kepala BIN dalam acara tersebut.

Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menambahkan bahwa saat ini tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden di Papua mencapai 80 persen menjadi angka rata-rata tertinggi secara nasional. Melalui peresmian ini, PYCH akan menjadi Legacy Tinta Emas Presiden di Papua.

“Peresmian PYCH bentuk komitmen Presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua. PYCH akan menciptaan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi serta seni budaya, dan banyak pengembangan lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya juga menekankan bahwa visi misi PYCH menjadi motor penggerak dengan kemitraan berbagai stake holder.

“Kami optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM Pemuda Pemudi Papua,” tegasnya.

Tokoh pemuda Papua yang juga aktif di PYCH, Elia Musa Rawar, juga mengenalkan brand TOP ID sebagai brand pertama merepresentasikan hasil karya anak muda Papua di bidang teknologi.

“Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri,” ujar Elia.

TOP ID merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Dia mengklaim, bahwa ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli Rakitan anak Papua.

Related Posts

Add New Playlist