Gak Nyangka, Begini Respon Stafsus Jokowi Billy Mambrasar Soal Rasisme di Papua

Ketika ditanya responsnya mengenai tanggapan pernyataan rasisme oleh oknum-oknum tertentu yang sedang terjadi, Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar angkat Bicara.

“Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menunjukkan komitmen untuk membangun Bumi Papua. Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, pemerintah terus melaksanakan berbagai proyek pembangunan di Bumi Cendrawasih. Sejak menjabat presiden, Jokowi setidaknya sudah 11 kali mengunjungi Papua dan Papua Barat. Coba siapa presiden yang dengan niat dan kerja kerasnya melakukan hal tersebut kalau tidak benar-benar cinta dengan Papua,” ujar Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, dalam keterangannya, Selasa (26/01).

Baca juga: Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin Prokes Pasca Vaksinasi Covid-19

Baca Juga

Menurut Billy, yang merupakan Putra asli Papua, seringnya Jokowi mengunjungi Papua karena ingin tahu betul permasalahan yang ada di lapangan.

“Pak Jokowi cinta mati sama Tanah Papua dan sama Orang-orang Asli Papua, buktinya, beliau dengan Inpres No. 9 Tahun 2020, dan Kepres No. 9 Tahun 2020, mendorong percepatan pembangunan Manusia Papua”, ungkap Staf Khusus Putra asli Papua asal Saireri ini, yang ikut terlibat dalam penyusunan rencana aksi dari Inpres dan Kepres percepatan Pembangunan di Tanah Kelahirannya ini.

Baca juga: Disambut Meriah Masyarakat Kepulauan Yapen, Stafsus Jokowi Billy Mambrasar Bahas Otsus Papua

Menurut Billy Mambrasar, Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai bagian dari sebuah bentuk kerangka besar jawaban dari solusi permasalahan yang ada di Papua, dan Komitmen Presiden Jokowi tidak pernah luntur.

“Terlepas dari posisi saya sebagai Staf Khusus, saya sendiri telah menikmati pembangunan tersebut. Dulu dari Biak ke Serui butuh waktu yang sangat panjang menggunakan feri, sekarang dengan tol laut yang digagas Pak Jokowi, setiap saat ada kapal cepat dan mobilitas meningkat,” tutur Billy.

Baca juga: Keren, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar Raih People Choice Awards 2020

Di sisi SDM, menurut Billy, pemerintah Jokowi sangat peduli dan memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas masyarakat Papua. Indikator seperti Indeks Pembangunan Manusia di kedua provinsi yang ada di Bumi Papua, meningkat pesat, aksesibilitas pendidikan membaik, dan serta pengangguran menurun. Presiden, jelas Billy, juga mendorong pergerakan kewirausahaan di kalangan anak muda. Hal terlihat dari kehadiran Presiden Jokowi di Jayapura dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub pada 28 Oktober 2019 di Jayapura.

“Pak Jokowi akan membangun Papua dengan sepenuh hati, demi terwujudnya Papua yang didalamnya terdapat pemerataan pembangunan, sehingga terciptanya masyarakat yang sejahtera dan terciptanya masyarakat yang unggul dalam sektor mana pun, berhenti untuk menanyakan komitmen beliau!” ungkap Billy Mambrasar yang juga menjabat sebagai Duta Sustainable Development Goals (SDGs) itu.

“Sebagai salah satu orang terdekat Pak Jokowi, seperti yang juga telah disampaikan oleh Deputy V Kantor Staf Presiden RI, saya yakin Pak Jokowi tidak akan tinggal diam, dan akan menindak tegas semua bentuk perilaku diskriminatif di negeri ini, saya yakin itu”, tutup Billy Mambrasar.

Related Posts

Add New Playlist