Dukung Penghijauan Nairobi, Perwakilan Negara-Negara ASEAN di Nairobi Tanam 104 pohon

Empat perwakilan negara-negara ASEAN di Nairobi bahu-membahu melakukan penanaman pohon. Bersama-sama, sekitar 44 pejabat perwakilan diplomatik dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand saling membantu menaruh bibit, menutup, dan menyiram pohon yang ditanam (17/10).

Kegiatan penanaman pohon dilakukan dalam rangka ASEAN Family Day 2021.

“Sebagai bagian dari upaya pelestraian lingkungan, kami dengan senang hati menyampaikan bahwa empat perwakilan diplomatik negara-negara ASEAN akan menanam 104 pohon hari ini,” ujar Dubes RI Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin selaku ketua ASEAN Nairobi Committee (ANC) tahun ini.

Baca Juga

“satu pohon dapat memberikan oksigen bagi empat orang,” jelas Dubes Hery saat membuka acara. “Dengan pohon yang kita tanam saat ini, kelak kita bisa menambah suplai oksigen bagi 416 orang,”tambahnya.

Peter Njui, Manajer Operasional Friends of Karura Forest, organisasi pengelola hutan Karura menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ANC yang telah turut berkontribusi dalam penghijauan hutan Karura. “Pada tahun 2009 lalu tutupan pohon asli setempat di Karura baru mencapai 25% dari seluruh lahan,” jelasnya. “Dengan upaya bersama antara Friends of Karura Forest dan para donor, saat ini cakupannya telah meningkat menjadi 40%,” tambahnya.

Pada masa lalu, hutan Karura banyak ditanami oleh pohon-pohon eksotik yang berasal dari luar Kenya. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai upaya telah dilakukan untuk merestorasi hutan Karura agar dapat lebih banyak menampung pohon-pohon endemik setempat, untuk mengembalikan ekosistem menjadi ekosistem aslinya.

Dalam acara, empat pohon asli setempat ditanam oleh Duta Besar Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Keempatnya menanam spesies pohon yang berbeda.

Dubes Indonesia menanam pohon Meru Oak (Vitex kiniensis), Dubes Malaysia menanam pohon Mahoni (Trichilia ametica), Dubes Filipina menanam pohon Codia Daun Lebar (Codia africana), dan Dubes Thailand menanam pohon Wild Olive (Olea africana). Spesies pohon yang ditanam sengaja dipilih berbeda-beda, untuk menjaga agar area hutan tidak menjadi homogen.

ANC merupakan forum yang didirikan oleh perwakilan diplomatik negara-negara ASEAN di Nairobi. Tujuan forum ini adalah meningkatkan kesadaran publik Kenya terhadap ASEAN. ANC aktif dalam memperkenalkan ASEAN ke masyarakat setempat melalui sejumlah kegiatan tahunan, seperti ASEAN Festival. Keketuaan pada forum ini berganti setiap tahunnya. Tahun 2021 Indonesia menjadi ketua, sebelum diteruskan oleh Malaysia pada tahun berikutnya.

Related Posts

Add New Playlist