Politik

Survei LSI : Jokowi-Ma’ruf Unggul Di Lima Kantong Suara, Termasuk Suara Emak-emak Hingga Milenial

JAKARTA, KataIndonesia.com – Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin untuk sementara unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di lima kantong suara.

Sejak kedua pasangan itu mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 10 Agustus, tingkat pengenalan, kesukaan, dan keterpilihan merangkak naik.

Berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset enam kantong dukungan untuk pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam survei ini, LSI meneliti enam kantong suara, mulai dari pemilih muslim, nonmuslim, kantong suara wong cilik, pemilih emak-emak, kaum terpelajar, dan milenial.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil unggul di kalangan muslim, nonmuslim, wong cilik, pemilih emak-emak dan milenial. Sedangkan pasanga Prabowo-Sandiaga hanya unggul di pemilih yang berbasis kaum terpelajar.

“Skor 5-1 untuk keunggulan Jokowi-Ma’ruf pasca pendaftaran capres-cawapres,” kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Jika dirincikan, di kantong pemilih muslim Jokowi-Ma’ruf mendapatkan dukungan 52,7 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 27,9 persen. Di pemilih nonmuslim, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 47,5 persen, Prabowo-Sandi 43,6 persen.

Pada kantong wong cilik, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul telak dengan 54,7 persen, Prabowo-Sandi 25,2 persen. Pemilih wong cilik adalah mereka yang memiliki penghasilan di bawah Rp 2 juta sebulan dan jumlah pemilihnya mencapai 58,5 persen.

Kelompok Emak-Emak

Kemudian di segmen kelompok emak-emak atau kaum ibu rumah tangga, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 50,2 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 30,0 persen.

“Kampanye partai emak-emak oleh Sandiaga Uno ketika pidato pasca pendaftaran KPU, nampaknya belum berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas Prabowo-Sandi di segmen ini,” ungkapnya.

Padahal segmen “emak-emak” belakangan menjadi salah satu fokus partai-partai pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Adjie mengatakan hasil survei menunjukkan bahwa kampanye partai “emak-emak” yang disampaikan Sandiaga Uno dalam pidato pendaftaran ke KPU, belum berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas Prabowo-Sandiaga.

Sedangkan di kalangan pemilih terpelajar, Jokowi kalah dengan Prabowo-Sandi. Prabowo-Sandi mendapatkan 44,5 persen, Jokowi-Ma’ruf 40,4 persen. Di kalangan milenial Jokowi-Ma’ruf kembali unggul dari Prabowo-Sandi dengan 50,8 persen sedangkan Prabowo-Sandi 31,8 persen.

Menurut Adjie, kelompok terpelajar ini memiliki kemampuan menjadi penggiring opini publik.

Survei LSI ini dilakukan di 33 Provinsi Se-Indonesia dengan metode multistage random sampling pada 1.200 responden sejak 12-19 Agustus 2018. Metode wawancara langsung dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Share
Published by
Kata Indonesia

Terpopuler

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Nasional Oleh : Dhita Karuniawati Pemerintah Indonesia berhasil menjaga…

4 hours ago

Kolaborasi Antar Pihak Jadikan Ruang Digital Penuh Kedamaian Pasca Pemilu

Kolaborasi Antar Pihak Jadikan Ruang Digital Penuh Kedamaian Pasca Pemilu Oleh: Andika P Kolaborasi antar…

4 hours ago

Pembinaan dan Pelatihan UMKM dalam Program AMANAH Lahirkan Produk Lokal Unggulan Mendunia

Pembinaan dan Pelatihan UMKM dalam Program AMANAH Lahirkan Produk Lokal Unggulan Mendunia Oleh: Khairul Agam…

4 hours ago

Pentingnya Persatuan Lintas Agama Pasca Pemilu Jelang Pilkada 2024

Pentingnya Persatuan Lintas Agama Pasca Pemilu Jelang Pilkada 2024 Oleh: Andika P Pemilu 2024 telah…

5 hours ago

Provokasi TPNPB OPM Ganggu Aparat Keamanan Jaga Kondusivitas dan Hambat Percepatan Pembangunan Papua

Provokasi TPNPB OPM Ganggu Aparat Keamanan Jaga Kondusivitas dan Hambat Percepatan Pembangunan Papua Oleh: Abisai…

5 hours ago

Yayasan Tamiang Bali Mandiri Dukung WWF di Bali Segera Bentuk Forum Air

Yayasan Tamiang Bali Mandiri Dukung WWF di Bali Segera Bentuk Forum Air Denpasar - Yayasan…

5 hours ago