JAKARTA, KataIndonesia.com – Rahmad Darmawan (RD) memberi dukungan penuh kepada pemain Indonesia yang ingin merumput di luar negeri. Menurut pelatih yang kini menukangi Sriwijaya FC ini, berkarier di negara lain akan sangat berguna bagi pemain maupun Timnas Indonesia ke depannya nanti.

“Yang pertama tentu pengalaman. Itu tak bisa dibeli dan sangat berharga. Mereka akan mendapat pelajaran dan kultur sepak bola yang berbeda, jadi saya pikir hal ini sangat positif,” kata Rahmad Darmawan beberapa waktu lalu.

“Mereka akan belajar lebih tentang profesionalisme karena semuanya akan diurus sendiri. Beda bila dibandingkan di negeri sendiri,” tambah pelatih yang musim lalu membesut klub Malaysia, T-Team FC, ini.

Advertisement

“Selain itu, tidak banyak orang yang mengenal mereka di sana. Kalau di sini mungkin sudah dianggap bintang sehingga perlu kerja keras agar mampu bersaing nantinya,” tambah RD.

Terkait Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang direkrut klub Malaysia, Selangor FA, Rahmad Darmawan sangat mendukung meskipun hal tersebut sempat mendapat cibiran keras dari Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

“Saya sangat mendukung, namun sekali lagi mereka perlu lebih disiplin dan ekstra kerja keras di sana,” tandas Rahmad Darmawan.

Edy Rahmayadi memang mengkritik keras keputusan Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn menerima tawaran Selangor FA untuk merumput di Malaysia. Edy Rahmayadi bahkan menyebut dua pemain Bhayangkara FC dan Timnas Indonesia itu mata duitan dan tidak nasionalis.

“Siapa mereka? Seenaknya saja mengontrak-ngontrak! Kalau mata duitan ya repot juga kita. Gak ada jiwa nasionalisme saja. Nanti akan saya kumpulkan segera,” tukas Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini.

Info Lomba Terbaru