Presiden Jokowi Tegaskan Papua Aman, Pembangunan Tetap Berjalan

Presiden Jokowi Tegaskan Papua Aman, Pembangunan Tetap Berjalan

Oleh : Alvaro Hukubun

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa seluruh kondisi dan situasi yang berada di Papua, semuanya aman dan terkendali serta penuh akan kondusifitas. Bahkan, banyak kegiatan di sana bisa dilaksanakan dengan sangat lancar hingga pembangunan yang selama ini dicanangkan oleh Pemerintah pun bisa tetap berjalan dengan tanpa adanya hambatan yang berarti.

Baca Juga

Dalam rentetan suatu terjadinya kasus atau fenomena, tentu biasanya tidak mungkin hanya terdapat sebuah perspektif saja di dalamnya, tidak melulu suatu kasus itu pasti hanya bisa dinilai secara negatif saja ataupun positif saja. Demikian halnya dengan segala isu atau pemberitaan yang berkaitan dengan Bumi Cenderawasih.

Terkait dengan bagaimana menanggapi sebuah isu dan pemberitaan yang banyak beredar dari berbagai sumber, entah itu dari media massa ataupun dari media sosial dan ruang digital lainnya di internet, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa secara keseluruhan justru situasi dan kondisi yang terdapat di Papua terbilang aman.

Maka dari itu, karena justru secara keseluruhan situasi dan kondisi yang terdapat dalam provinsi paling Timur di Tanah Air itu bisa dikatakan aman, sehingga menurut Kepala Negara, hendaknya jangan sampai ada pihak yang kemudian terlalu membesar-besarkan apabila memang ada sebuah isu negatif yang kurang baik di Bumi Cenderawasih.

Beliau memberikan imbauan kepada seluruh elemen masyarakat agar bisa jauh lebih dewasa ketika menyikapi suatu hal apapun, sehingga tidak selalu dan melulu melihat sesuatu hanya dari satu perspektif saja. Menurut Presiden Jokowi, hendaknya untuk menyikapi banyaknya isu mengenai Papua di media, janganlah kemudian ditangkap dan dilihat hanya dari sisi negatifnya saja.

Untuk bisa menanamkan sebuah optimisme yang sangat kuat dan merata dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia, maka hendaknya memang mampu melihat sesuatu dari sisi yang positifnya. Karena, apabila seseorang mampu menangkap suatu fenomena namun dari sisi yang positif, maka yang timbul adalah berbagai perasaan, emosi dan energi positif pula sehingga juga akan bermuara pada suatu tindakan yang positif pula.

Lebih lanjut, saat memberikan imbauan tersebut, Presiden Jokowi juga menambahkan bahwa sejatinya banyak sekali hal yang positif di Papua, yang mana justru mungkin segala ini masih jarang terekspos dan masih belum banyak masyarakat mengetahuinya secara luas karena bisa jadi tertutup oleh banyaknya pemberitaan mengenai isu negatif saja.

Bisa dilihat bahwa ternyata di Bumi Cenderawasih memiliki banyak sekali generasi muda penerus bangsa yang bertalenta, mereka mempunyai bakat dan potensi yang sungguh sangat luar biasa. Terlebih, apabila masyarakat mengetahuinya dan mampu untuk terus mendukungnya, maka bukan tidak mungkin seluruh talenta pemuda di Bumi Cenderawasih akan bisa terus berkembang dan turut serta mengharumkan nama bangsa bahkan di kancah internasional.

Kepala Negara juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para anak muda di Bumi Cenderawasih, khususnya mereka yang bergerak dan menggeluti pada bidang industri kreatif. Menurut beliau, talenta dan bakat kreatif yang dimiliki oleh para anak muda di Papua ternyata sama sekali tidak kalah dengan para pemuda lain di Tanah Air.
Tidak tanggung-tanggung, bahkan Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa secara 99% (persen), kondisi dan situasi yang berada di Tanah Papua sama sekali tidak ada masalah. Justru beliau menekankan bahwa di provinsi paling ujung di Nusantara itu dalam kondisi dan situasi yang aman terkendali.
Tentunya, sampai saat ini bagaimana situasi bisa terus aman dan terkendali serta penuh akan kondusifitas tersebut sama sekali tidak bisa dipungkiri juga berkat bagaimana peranan yang dimiliki oleh seluruh aparat keamanan yang senantiasa menjaga situasi di Papua. bahkan di seluruh tempat di Bumi Cenderawasih pun sampai detik ini masih aman-aman saja.
Sehingga karena keamanan dan situasi yang penuh kondusifitas tersebut, maka menjadi tidak heran terdapat penyelenggaraan acara Papua Street Carnival yang juga dihadiri secara langsung oleh Presiden Jokowi. Kemudian seluruh rangkaian acara juga berlangsung dengan lancar dan penuh kesuksesan, sama sekali tidak terdapat permasalahan apapun.
Terdapat sebuah momen pula tatkala Presiden Jokowi dan seluruh rombongannya melakukan makan malam di sebuah restoran, yang mana menurut beliau di sana juga sama sekali tidak terjadi masalah apapun dan menunjukkan bahwa sutuasi sangat aman terkendali. Untuk itu, diimbau kepada masyarakat agar tidak semakin membesar-besarkan adanya isu negatif karena justru hal demikian akan merugikan Papua sendiri.
Karena memang situasi dan kondisi yang berada di Bumi Cenderawasih secara keseluruhan menunjukkan keamanan serta kondusifitas yang tinggi, maka pembangunan yang selama ini dicanangkan oleh Pemerintah RI untuk berupaya menciptakan adanya pemerataan pun terus berjalan dengan baik.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Related Posts

Add New Playlist