Pengaruh Persatuan Bangsa Terhadap Keberlanjutan Pembangunan Nasional di Indonesia

0

Oleh: Kifuk Kusumaningsih (Blogger/ Mahasiswa Pasca Sarja UIN Jakarta)

Setiap negara, bangsa, dan benua di seluruh dunia memiliki sejarahnya sendiri. Sejarah itu bisa buruk atau baik, sesuai dengan apa yang terjadi di negara atau benua itu. Dengan demikian, sejarah banyak negara dan benua di seluruh dunia ditandai oleh konflik internal, pertengkaran, perselisihan, agresi, perang, dll.

Di antara penduduknya atau dengan konflik eksternal atau perang melawan negara lain. Dampak dan konsekuensi dari konflik dan perang ini sangat banyak dan salah satunya adalah pecahnya persatuan bangsa.
Pecahnya persatuan bangsa ini sangat berdampak pada keberlangsungan pembangunan suatu negara.

Advertisement

Ketika rakyat suatu negara enggan untuk bersatu dan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bersilisih membela hal-hal yang sangat ia junjung tinggi, maka cita-cita negara tersebut untuk dapat maju sulit untuk diwujudkan. Di sinilah letak pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Di Indonesia sendiri, pada masa penjajahan dan sebelum masa kemerdekaan, ketika rakyat negeri ini diadu domba oleh pihak penjajah, yang ada hanya konflik dan pertarungan yang berkepanjangan yang menyebabkan sulitnya pembangunan Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Barulah setelah Indonesia benar-benar memerdekakan diri, pemerintah merancang program untuk keberlangsungan kemajuan di Indonesia. Kini kita bisa menikmati hasil dari pembangunan nasional yang telah dirancang dan dijalankan para petinggi negara pasca kemerdekaan Indonesia.

Sarana dan prasarana yang kini kita nikmati tak akan terwujud tanpa adanya semangat persatuan seluruh bangsa Indonesia.

Itulah mengapa menjaga semangat persatuan ini sangatlah penting. Semangat keberagaman ini tidak boleh terbelah kembali, khususnya dalam gelaran pemilu 2019 ini.

Setiap kita pasti memiliki pasangan yang sangat kita jagokan, tapi di atas segalanya, hal yang paling utama yang harus di kedepankan adalah menjaga kesatuan bangsa.

Akan sangat disayangkan jika hanya karena perkara pemilihan umum kita terpecah-belah dan saling berselisih sebab tanpa persatuan bangsa keberlanjutan pembangunan nasional Indonesia mungkin hanya sekedar wacana.

Untuk itu marilah kita sukseskan Pemilu 2019 dengan damai dan bermartabat , mari kita gunakan hak pilih kita dengan cerdas dan Lawan Hoax serta Tolak Golput untuk Pemilu yang berkulaitas demi keberlanjutan Pembangunan nasional. Jaga persatuan bangsa dengan semangat tolerasi dan nilai nilai luhur Pancasila. Mari.kita sebarkan konten konten di Medsos yang menumbuhkan optimisme bangsa guna menuju Indonesia Maju.

Info Lomba Terbaru