Pembentukan AMANAH Hadirkan Manfaat untuk Pemuda Aceh

Pembentukan AMANAH Hadirkan Manfaat untuk Pemuda Aceh

Oleh : Ramzi Harli

Pembentukan Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu menghadirkan banyak sekali manfaat, khususnya untuk para pemuda di wilayah Aceh dalam dunia digital dan juga usaha.

Baca Juga

Pasalnya, memang pada jaman sekarang ini semua pihak harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan bagaimana adanya kemajuan teknologi, informasi serta komunikasi, yang mana menjadikan bahkan hampir setiap sektor pasti mengalami digitalisasi.

Maka dari itu, menjadi sangat penting, apalagi bagi para anak muda untuk terus bisa relevan pada jaman sekarang dengan memberikan mereka pelatihan sejak sedini mungkin untuk mengembangkan usaha dalam dunia digital.

Dalam hal itu, Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menginisiasi pembentukan Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) yang bisa mendatangkan banyak manfaat melalui pelatihan pada dunia digital ataupun untuk menjadikan generasi muda penerus bangsa di Aceh sebagai seorang pengusaha yang sukses.

Pemerintah RI melalui lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan telah menghadirkan sebuah wadah kreasi khusus bagi anak muda dalam berbagai bidang untuk bisa terus mengembangkan minat dan bakat mereka.

Baru-baru ini, Program AMANAH menghadirkan wadah berkreasi bagi pemuda dalam dunia fashion dan juga tata rias. Kegiatan tersebut berlangsung dalam acara Beauty Fest bertajuk ‘Be Beauty, Be Inspired’ yang terselenggara di Ivory Coffee and Culinary, Banda Aceh.

Tidak tanggung-tanggung, dalam acara tersebut, Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat juga turut menghadirkan sejumlah nama influencer terkenal di Indonesia seperti Dara Arafah, kemudian juga ada pula nama-nama selaku narasumber, yang mana mereka telah mumpuni di bidangnya seperti fashion and beauty enthusiast Chaerul dan Ija Kroeng, serta ada pula beauty influencer Pasha.

Kehadiran para influencer ternama serta narasumber yang memang berkompeten dalam bidangnya itu, menjadi salah satu komitmen kuat Pemerintah RI melalui Badan Intelijen Negara untuk mampu menghadirkan pembahasan yang sangat bermanfaat bagi para pemuda di daerah berjuluk Serambi Mekkah.

Tentunya, kehadiran mereka kemudian mendapatkan sambutan yang sangat hangat dan meriah, yang mana terlihat dari bagaimana antusiasme seluruh masyarakat setempat sangat tinggi, serta menarik perhatian bagi para anak muda Aceh pula.

Sehingga apresiasi sangat tinggi dari banyak pihak terus menghampiri AMANAH lantaran mampu membuat sebuah acara yang sangat banyak memberikan beragam manfaat positif untuk para generasi muda penerus bangsa dalam dunia digital dan usaha.

Menurut Chaerul, program AMANAH yang profesional ini membuat dirinya kagum dan berharap agar nantinya bisa terus berlanjut di masa mendatang. Pasalnya, Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat itu bisa memberikan peluang sangat terbuka lebar serta kesempatan yang sangat baik untuk para kaum muda Negeri Rencong, terutama di bidang fashion ataupun wirausaha lain yang berbasis digital.

Lebih lanjut, Pasha menambahkan bahwa peluang besar Aceh di bidang fashion ini harus diambil dengan baik oleh anak muda Aceh. Sehingga, AMANAH Beauty Fest ini menjadi sarana edukatif masyarakat muda Aceh dan sebagai jembatan untuk menuju kesuksesan.

Tidak sedikit pula kemudian pihak yang mengaku mereka sangat kagum dengan bagaimana keberhasilan Program AMANAH binaan BIN karena sekaligus mampu mempersiapkan para anak muda dengan baik demi masa depan mereka.

Bukan hanya berkaitan dengan nasib para pemuda saja, melainkan beragam produk lokal khas Aceh milik para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga turut mendapatkan panggung. Sehingga untuk para anak muda setempat sudah tidak perlu ragu atau takut lagi jika mereka ingin menghasilkan sebuah karya, lantaran Program AMANAH akan memberikan jembatan agar mereka mampu mengulik potensi dalam dirinya secara maksimal.

Selain itu, terdapat agenda lain yang Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat lakukan, yakni pameran UMKM yang bertujuan untuk semakin memperkenalkan banyak produk lokal kepada masyarakat secara lebih luas.

Salah seorang influencer ternama di Indonesia, Thoriq Halilintar turut hadir pula secara langsung dan menjadi narasumber. Dirinya sempat membagikan beberapa tips mengenai betapa pentingnya mendukung penuh keberlangsungan produk lokal daerah serta memberikan tips bagaimana cara untuk memulai bisnis bagi para pemuda.

Sebagai bentuk representansi anak muda, aktor Dennis Adhiswara menyampaikan keyakinannya bahwa langkah strategis untuk memajukan perekonomian Aceh melalui dukungan terhadap start-up lokal kreasi anak-anak muda.

Keberadaan Program AMANAH, di sisi lain juga sangat mengapresiasi tinggi seluruh karya anak muda setempat, karena di dalamnya mampu menjadi sebuah wadah bagi peningkatan kreativitas serta karya mereka dalam berbagai bidang, khususnya pengembangan bisnis.

Banyak sekali upaya dari program inisiasi Badan Intelijen Negara tersebut dalam rangka untuk terus memberikan dukungan penuh pada keberlangsungan bisnis serta produk lokal UMKM setempat, khususnya dari anak muda seperti fashion, makanan, parfum hingga produk tenun.

Sudah menjadi salah satu tugas utama keberadaan Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat memang, yakni untuk bisa membangun UMKM lokal Serambi Mekkah, sehingga memungkinkan produk mereka bahkan bukan hanya ramai dalam taraf nasional saja, melainkan hingga internasional.

Adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu memberikan banyak sekali manfaat kepada para generasi muda penerus bangsa dari Negeri Rencong agar mereka semakin berdaya memanfaatkan kemajuan teknologi dalam dunia digital serta bisnis atau usaha.

)* * Penulis adalah kontributor Persada Institute, tinggal di Aceh

Related Posts

Add New Playlist