Pembangunan PLTU Lontar Banten Serap 2000 Tenaga Kerja Lokal

0

Sebagai salah satu perwujudan komitmen meningkatkan keandalan listrik, PLN mempercepat pembangunan proyek strategis Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar Extension 1×315 MW dengan pengerjaan dibawah tanggung jawab PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat.

Proyek PLTU yang terletak di Desa Lontar, Banten, baru saja merampungkan pelaksanaan Boiler Hydrotest pada bulan Maret ini. Artinya, proyek pembangkit ini telah menapaki progres yang signifikan dan direncanakan akan rampung pada kuartal ketiga tahun 2019.

Advertisement

Mulai dikerjakan pada November 2016, PLTU Lontar Ext merupakan bagian dari program percepatan pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan tekhnologi terbaru yakni ultra super critical dengan batubara low rank coal.

Proyek ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Pemerintah yaitu Program 35.000 MW, untuk menambah kapasitas Pusat Pembangkit energi listrik yang akan di evakuasi dayanya melalui sistem transmisi 150 kV hingga bisa didistribusikan kepada pelanggan di daerah Banten, DKI Jakarta dan sekitarnya.

Direktur Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS menjelaskan bahwa pembangunan PLTU Lontar Extension 1×315 MW ini berfungsi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di regional DKI Jakarta dan Banten.

“Proyek PLTU Lontar Extension ini berbahan bakar batubara jenis low rank coal (LRC). Proyek PLTU Lontar Extension ini dibangun di lokasi pembangkit PLTU 3 Banten existing, dengan progress 87,68%.PLTU ini direncanakan akan mulai beroperasi pada September 2019. ” Ungkap Haryanto.

Sehingga pada akhir tahun ini, masyarakat Jakarta dan sekitarnya dapat menikmati suplai listrik yang bersumber dari PLTU Lontar Ext.

Proyek PLTU extention ini berhasil menyerap hingga 2000 lebih tenaga kerja.

“Jumlah tenaga kerja ini akan terus meningkat ditahun 2019 sejalan dengan pencapaian progressnya, hal ini tentu memberikan dampak positif bagi multipier effect secara langsung untuk wilayah Banten dan sekitar” pungkas Haryanto.

Info Lomba Terbaru