Menjelang Persidangan Setnov, kondisi kesehatannya Up and Down

JAKARTA, KataIndonesia.com – Kondisi Setya Novanto dikabarkan tak menentu jelang sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) hari ini. Hal itu diungkapkan langsung oleh kuasa hukumnya, Firman Wijaya. Bahkan, ia tak bisa memastikan apakah kliennya itu bisa hadir dalam sidang.

“Ya up and down lah ya. Kita lihat saja nanti,” katanya di pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Dia mengatakan, meskipun Novanto selalu rutin diperiksa oleh dokter namun ia menyampaikan segala sesuatu bisa terjadi. Pasalnya, Firman sendiri tak mengetahui apa yang terjadi dalam pemeriksaan kala itu.

Baca Juga

“Ya kita kan tak tahu apa yang ada di balik sana, apakah pemeriksaan itu berjalan seperti apa pemeriksaannya,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia meminta apabila kliennya tak siap menghadapi persidangan maka pembacaan dakwaan harus ditunda. Apalagi masih ada proses praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Ya hak hukum nya saja ditegakkan. Kenapa harus buru-buru, natural judisial proses itu penting, proses yang normal itu ada keseimbangan ada aspek prosedural, ada aspek substansial enggak mungkin substansi maju kemudian prosedur dipermasalahkan,” tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa hari ini akan digelar sidang perdana Setya Novanto dengan agenda pembacaan dakwaan. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) La Ode Muhammad Syarief menilai Setya Novanto tetap bisa hadir dalam persidangan esok hari. Meskipun menurut Kuasa Hukumnya, saat ini kondisinya sedang menurun.

“Pertama kan kita pastikan dulu apakah dia sakit atau enggak. Kan tidak sakit sampai sekarang. Jadi persidangan akan tetap jalan prosesnya,” kata dia dalam sela-sela acara hari anti korupsi sedunia (Hakordia) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Dia menambahkan, bahwa sejauh kondisinya masih sangat memungkinkan untuk menjalani persidangan maka ia yakin majelis hakim tetap meneruskan agenda. Bahkan sekali pun flu menurutnya bukan persoalan.

“Ya saya juga flu sekarang tapi saya masih bisa datang ke sini (acara Hakordia) kan,” ujarnya.

Related Posts

Add New Playlist