Mari Pupuk Semangat Kebhinekaan untuk Pemilu 2019 yang Bermartabat guna sukseskan keberlanjutan pembangunan bangsa

0

Oleh: Rega Nurfitri (Blogger/Pengusaha Cathering di Singkawang, Kalbar)

Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah memudahkan kita mengakses berita di belahan bumi lain yang sangat jauh dari tempat tinggal kita.

Namun ternyata hal ini juga mendatangkan salah satu penyakit yang sangat mematikan, yakni mudahnya penyebaran berita hoax di dunia maya.

Advertisement

Mengapa hoax atau berita bohong merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan? Hal ini tidak terlepas dari semangat persatuan dan keberagaman negara Indonesia ini yang harus di jaga agar tidak porak poranda karena hasutan berita.hoax yang terus dilakukan oleh kelompok kelompok kepentingan yang haus kekuasaan.

Jika penyebaran berita palsu atau hoax ini tidak segera dilawan, maka semangat persatuan dan keberagaman yang telah dicanangkan semenjak Indonesia merdeka dikhawatirkan akan luntur.

Ketika semangat persatuan dan keberagaman ini telah punah, maka tidak menutup kemungkinan apa yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang sangat beragam ini hanyalah konflik belaka seperti yang banyak terjadi dibelahan dunia lain.

Tentunya hal ini tidak bisa kita biarkan dan kita harus berjuang bersama untuk menegakkan persatuan di Indonesia.demi kenrlanjutan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Mari kita jaga keutuhan bangsa Indonesia ini dengan tidak turut serta menyebarkan berita hoax di sosial media dan mari sukseskan.Pemilu 2019 dengan damai berkualitas dan  brmartabat agar keberlanjutan pembangunan yang saat ini gencar dilaksanakan dapat terus berjalan.

Dengan adanya kesadaran ini, kita bisa meminimalisir penyebaran hoax dengan demikian semua masyarakat akan tetap rukun dan memiliki.optimisme untuk turut serta dalam.pembangunan dan merasakan.hasilnya dengan damai dan tentram tanpa konflik.

Itulah mengapa menjelang gelaran pemilu 2019, satu hal yang tidak boleh kita kendurkan dalam diri kita adalah semangat keberagaman dan kebhinekaan.

Ketika semangat ini tetap tertanam di dalam diri kita, maka kita bisa berharap bahwa pemilu 2019 yang damai dan bermartabat yang menjaga persatuan bangsa bisa benar-benar terwujud dan keberlanjutan.kepemimpknan nasional dapat terlaksana demi suksesnya cita cita menuju Imdonesia Maju.

[10:27, 15/3/2019] Da Apis: Waspadai Hoax, Berita Bohong yang Ancam Suksesnya Pemilu 2019

Oleh: Ariffudin Ahsan (Blogger/Driver Gojek di Bandung)

Pemilihan legisliatif dan pemilihan presiden 2019 akan segera dilaksanakan bulan depan. Namun, hingga kini masih ada satu hal yang sangat meresahkan di kalangan masyarakat, yakni maraknya penyebaran berita bohong atau hoax di dunia maya.

Pada tahun 2019 ini, tidak dipungkiri bahwa para kandidat para pendukung mereka menggunakan sosial media dan platform digital untuk memenangkan suara dalam ajang pemilihan yang diadakan lima tahun sekali ini.

Salah satu sikap yang membuat para kandidat dan pendukung mereka menggunakan berita hoax untuk menarik simpati massa adalah “Sikap Siap Menang dan Tidak Siap Kalah’. Tentunya hal ini sangat disayangkan sebab menghalalkan segala cara untuk menang bukanlah sikap yang erpuji.

Maka kita sebagai masyarakat Indonesia yang bermartabat harus memeriksa setiap berita yang menyebar melalui media sosial untuk melawan segala informasi yang salah yang dapat merusak reputasi seseorang.

Kita juga meminimalisir penyebaran berita hoax dengan turut serta dalam gerakan-gerakan yang menyuarakan menolak hoax.

Jika harus berurusan dengan pelaku yang membuat atau menyebarkan berita bohong dan berita palsu jangan ragu melapor ke polisi hal ini berguna untuk menciptakan pencegah di antara masyarakat.

Informasi yang salah akan menyebabkan konflik di masyarakat dan akhirnya cita-cita suksesnya pemilu 2019 yang damai dan bermartabat serta untuk persatuan bangsa dan demi keberlanjutan pembangunan nasional menuju Indonesia Maju. Jangan biarkan.pembangunan yang gencar dilaksnaakan saat ini dirusak oleh oknum oknum yang haus dan kebelet berkuasa sehingga merusak optimisme rakyat.

Info Lomba Terbaru