Kisah Mr. Vale Bule Prancis yang Masuk Islam di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Kedungwuni Pekalongan

PEKALONGAN, KataIndonesia.com – Valentin Royer, pria asal Prancis yang biasa disebut sebagai Mr. Vale kini telah resmi menjadi mualaf. Pengucapan iqrar syahadat berlangsung sangat khidmat selepas sholat isya di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Kedungwuni Pekalongan Jawa Tengah Jum’at, 16 februari 2018.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh pengasuh ponpes Al Fusha KH. Muhammad Dzilqon dan disaksikan oleh guru, pengurus, dan seluruh santri, ucapan iqrar syahadat itu ia ucapkan dengan hidmat dan lancar.

“Sejak kecil saya memiliki banyak teman yang beragama islam, saya melihat melihat mereka melakukan perbuatan yang sama sekali tidak membuktikan bahwa ajaran yang mereka ikuti itu adalah ajaran yang keras, sejak saat itu saya mulai tertarik sekaligus penasaran tentang bagaimana ajaran Islam dan bagaimana Islam diajarkan” ungkap Valentin setelah iqrar.

Baca Juga

Velentin sebelumnya pernah menjadi tenaga pengajar bantuan Bahasa Prancis di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha. Namun pada saat itu ia belum berniat untuk menjadikan dirinya sebagai seorang muslim dan masih ingin tau lebih banyak tentang islam.

Di Pondok Pesantren Terpadu Al fusha ia banyak mempelajari berbagai aktifitas yang dilakukan oleh santri selama mereka mempelajari dan memperdalam kajian ilmu dalam agama islam. Valentin juga diajarkan bagaimana cara melafalkan ayat-ayat yang terdapat dalam Al Qur’an, selain itu ilmu adab juga diajarkan kepadanya, seperti tentang bagaimana cara orang Islam dalam bermuasyaroh dan bergotong royong, salah satunya yaitu ikut dalam pelaksanaan pembangunan Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha.

Setelah Vale menggucapkan bahwa dirinya telah masuk islam semua santri Pondok Pesantren Terpadu Al fusha merasa bahagia, begitu juga pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha, karena kini Al Fusha mempunyai saudara baru dari negara yang mayoritas muslim. Namanya kini pun berubah menjadi Muhammad Vale.

 

PENULIS: Fahmi Adam dan M. Dhiyaul Amar Khaqi

Related Posts

Add New Playlist