Keputusan Indonesia Dapat Gantikan Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022 ada di Tangan Jokowi

0

Negara Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 terancam batal. Lantaran, terungkap adanya kasus suap kepada mantan Presiden Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA), Michel Platini semasa proses pencalonan.

Platini sempat ditahan oleh aparat kepolisian Prancis karena dugaan ini. Induk sepakbola dunia (FIFA) pun langsung menggelar pertemuan rahasia guna mencari cara agar masalah ini tak tambah rumit.

Melihat adanya kemungkinan Qatar batal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) mendorong pemerintah agar mengambil moment tersebut. Sebab, jika hal itu terjadi, jatah tuan rumah akan dialihkan ke negara Asia lainnya.

Advertisement

Ketua MSBI, Sarman El Hakim menegaskan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bambang Soesatyo, Rabu 26 Juni 2019.

Dirinya mendesak pemerintah agar aktif melakukan lobi kembali FIFA.

Sarman menjelaskan, Indonesia memiliki peluang besar karena terbilang yang paling siap, lantaran baru saja menggelar Asian Games 2018 lalu. Selain itu, Indonesia juga pernah mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 bersama Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

“Jepang sekarang memilih fokus untuk menggelar Olimpiade Tokyo 2020, Australia sudah menyatakan menyerah. Jadi kami mengatakan kepada Ketua DPR bahwa momentum ini harus kita manfaatkan. Oleh karena itu, ada baiknya pemerintah melalui Presiden Jokowi memberikan jaminan kepada FIFA bahwa Indonesia siap jadi tuan rumah,” kata pria yang sudah 10 Tahun mengkampanyekan Indonesia Tuan Rumah Piala 2022.

Bambang juga menyambut baik desakan MSBI kepada pemerintah. Dirinya berjanji untuk segera menyampaikan aspirasi tersebut kepada Jokowi. Menurutnya, Indonesia mampu menggelar hajatan sepak bola terbesar di dunia itu.

“Semoga pemerintah menyambut baik Piala Dunia ini. Karena penggemar sepakbola Indonesia ini sangat luar biasa. Untuk kesiapan pastinya tergantung pemerintah. Tapi, saya kira, Indonesia siap mengingat kita baru saja menggelar Asian Games dengan sukses,” ucapnya.

Info Lomba Terbaru