Kata Dokter Ini penyebab Pasangan Selingkuh Kasus Gancet Atau Kelamin ‘Macet’ Saat Bercinta

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Warga Klaten dihebohkan kasus gancet pada akhir tahun 2012 silam, Pasalnya, ditemukan sepasang mayat dalam keadaan telanjang dengan penis masih terjepit di vagina, keduanya tidak bisa melepaskan tubuh setelah bercinta.

Dokter seksologi Rumah Sakit Telogorejo dr Andi Sugiarto, SpRM, FIAS, menuturkan, kondisi dimana vagina mengalami keram sehingga penis tidak bisa dicabut atau terjepit dalam vagina disebut vaginismus.

Dalam keadaan tersebut , ada hambatan untuk dilakukannya penetrasi pada vagina.

Advertisement

“Kontraksi dasar panggul menyebabkan vagina keram dan mencengkeram penis, tanpa bisa direlakskan, ” tutur dokter Andi.

Dokter Andi menambahkan, perempuan yang mengalami vaginismus, penyebabnya adalah faktor psikis seperti ketakutan dan kecemasan.

Saat kecemasan itu berhasil dihilangkan namun vagina masih mencengkram kuat penis, berarti ada neurotransmiter (semacam zat kimia dalam syaraf) yang bekerja berkepanjangan sehingga menyebabkan keram.

Saat ditanya benarkah vaginismus menyebabkan kematian, Dokter Andi menjawab tidak.

“Vaginismus tidak menyebabkan kematian, apalagi jika segera ditangani secara medis, ” ujar Dokter Andi.

Menurut dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Seksologi Semarang, mengatakan bahwa ada hal lain yang menyebabkan kematian saat vaginismus.

“Kalau dia meninggal saat terjadi vaginismus, pasti ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Misalnya seperti jantung, perdarahan, bisa juga emboli. Harus dilakukan otopsi. ”

Emboli adalah suatu kondisi di mana aliran darah terhambat akibat benda asing.

“Apabila penis lama terjepit dan terjadi emboli, lalu darah beku tersebut mengalir ke jantung dan menyumbat, nah itu baru bisa menyebabkan kematian. ” tutur dokter yang bekerja di bagian rekam medik, Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, Jawa Tengah.

Dokter Andi menyarankan apabila  terjadi vaginismus, wajib segera ditangani secara medis dengan memberikan suntikan agar vagina menjadi relaks. Jika tidak demikian, penis tidak bisa keluar dari vagina.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Info Lomba Terbaru