Isu Strategi PDI Perjuangan, Puan Ketua DPR, Prananda Prabowo Jadi Ketum

0

PDIP dipastikan jadi pemenang Pileg 2019. Jatah kursi Ketua DPR pun sudah menanti. Partai berlambang banteng ini juga akan melakukan regerenasi.

Gosip yang beredar, Puan Maharani bakal jadi Ketua DPR. Sementara Prananda Prabowo akan menggantikan Megawati sebagai Ketum PDIP.

Dari ketiga anak ini hanya Puan yang menonjol. Prananda lebih banyak di belakang layar. Apalagi Pratama, lebih di belakang layar lagi.

Advertisement

Kendati jarang “tampil”, dua anak laki-laki Megawati ini juga berkualitas. Nah, di saat posisi PDIP di Pemilu 2019 ini sedang jaya-jayanya. Banyak yang memperbincangkan seperti apa nasib ketiga anak Megawati ini.

Dari sekian banyak desas-desus, kabarnya selain Puan akan jadi ketua DPR dan Prananda jadi ketum PDIP, Pratama juga digadang-gadang akan masuk kabinet Jokowi. Benarkah demikian? Kita lihat saja.

Partai pemenang Pileg memang belum diumumkan. Namun, dari hasil situng KPU sementara, PDIP masih unggul dengan perolehan 20 persen suara. Jika tak ada perubahan, kursi Ketua DPR akan jadi milik PDIP.

Hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang MD3 yang menyebutkan Ketua DPR otomatis dipegang parpol pemenang pemilu.

Dari data perolehan suara sementara, PDIP berada di urutan pertama. Disusul Golkar dan Gerindra di posisi kedua dan ketiga. Pada Pemilu 2014, PDIP juga berhasil menguasai parlemen dengan mendapat 109 kursi.

Hanya saja, meski keluar sebagai pemenang pemilu, jatah kursi Ketua DPR lepas ke tangan Golkar. Saat itu, posisi Ketua DPR ditentukan oleh pemilihan Paket Pimpinan DPR yang saat itu dikuasai Koalisi Merah Putih (KMP) kubu Prabowo.

Siapa yang akan menduduki kursi ketua DPR? PDIP belum mengungkap atau menunjuk. Tapi sejumlah politikus PDIP menyebut-nyebut nama Puan Maharani. Menko PMK itu dinilai tepat mengisi kursi Ketua DPR.

Nama Puan muncul sejak pertengahan pekan kemarin atau setelah rekapitulasi suara pemilu oleh KPUD Jawa Tengah selesai digelar.
Selanjutnya

Info Lomba Terbaru