Empat Tips Mudah Membagikan ‘Angpao Lebaran’ Bagi Keluarga

61

Kalau kamu sudah bekerja dan menerima gaji, apalagi tunjangan hari raya (THR)ada tradisi lebaran yang lazim di Indonesia untuk memberikan angpao atau sejumlah uang saat lebaran, khususnya ke ponakan atau kerabat kamu yang masih kecil. Belum lagi anak tetangga atau saudara-saudara yang lain.

Nah kataindonesia.com sudah merangkum konten untuk kamu agar mudah membagikan THR lebaran untuk para keponakan, sepupu, anak, dll.

1. Ikhlas

Advertisement

Ikhlas menjadi syarat mutlak dalam membagikan uang angpao. Kenapa? Biar uang yang kita berikan membawa berkah dan manfaat untuk orang-orang atau handai taulan yang kita beri. Ikhlas di sini juga bermakna tidak mengungkit-ungkit (nominal uang) yang telah kita berikan atau mengharapkan (anak) kita nantinya juga mendapatkan (balasan) yang sama. Intinya kalau udah ngasih ya udah, lupain aja!

2. Jangan Memaksakan Diri

Membagikan angpao lebaran memang bukan kewajiban tapi bagian dari budaya kita dengan tujuan mempererat tali silaturrahmi dan sebagai ungkapan syukur atas limpahan rejeki selama ini. Kita bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita dalam berbagi dilihat dari income per-bulan dan pengeluaran utama kita.

3. Adil

Bersikap adil di sini bermakna memberikan sesuatu sesuai dengan kebutuhan atau porsinya. Hal ini sangat penting karena setiap orang pada tingkatan umur atau jenjang pendidikan yang berbeda akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Kita memiliki sepupu atau keponakan dengan beragam usia mulai dari balita, duduk di bangku TK, SD, SMP, SMA, atau kuliah.

Tentu kebutuhan mereka berbeda-beda. Jangan samakan antara yang masih SD dengan yang kuliah. Contoh : saudara yang masih SD kita beri Rp10.000,00 ; SMP Rp25.000,00 ; SMA Rp50.000,00 ; dan yang kuliah Rp100.000,00 (ini hanya contoh). Kita juga bisa melihat pada tingkat ekonomi mereka. Anak yang kurang mampu boleh kita lebihkan dengan tujuan meringankan beban orang tuanya.

4. berikan nasihat yang baik tentang cara menggunakan uang tersebut

Setelah memberikan angpao kalian juga kalian bisa menitipkan “doa” agar mereka mendoakan kalian.

Sederhana tapi anak-anak itu adalah pengingat yang baik dan secara tidak langsung kita mengajarkan tentang pengelolaan uang. So, menyisipkan nasihat memang ga ada salahnya dilakukan

Info Lomba Terbaru