Bulan Ini, KA Bandara Beroperasi Dengan Rute Yang Lebih Panjang

0

Kereta api (KA) bandara bakal beroperasi dengan rute yang lebih panjang. Jika biasanya KA itu hanya melayani rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sampai kawasan Dukuh Atas, tidak lama lagi kereta ini akan beroperasi sampai di Stasiun Manggarai.

Kereta bandara Soekarno-Hatta segera beroperasi dari Stasiun Maggarai pada Maret 2019. Dengan demikian, masyarakat Jabodetabek yang akan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta akan semkin mudah.

“Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Advertisement

“Sehingga semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa mengganti (transit) di tempat itu sehingga kereta bandara bisa point to point,” tambah dia.

Selain kereta bandara, Menhub menjelaskan terkait rencana beroperasinya kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta pada April mendatang.

“MRT rencananya awal bulan Maret ini akan dioperasikan secara khusus dan baru nanti bulan April dioperasikan secara umum. Insyaallah memberikan suatu layanan yang baik,” ungkap Menhub.

Sebelumnya, kajian Institut Studi Transportasi mencatat, tingkat okupansi penumpang KA Bandara hanya 26 persen dengan pukul rata penumpang per hari di rata-rata 5.000 orang. Angka ini dinilai masih terlalu rendah.

Pemerintah sendiri memiliki rencana besar adanya peralihan ke transportasi umum sebesar 40 persen pada tahun 2019 dan 60 persen pada tahun 2029.

 

Info Lomba Terbaru