6 Cara Meredakan Nyeri Sakit Gigi

0

KATAINDONESIA.COM – Ada dua penyebab utama sakit gigi. Yang pertama, adalah ketika ada rongga atau lubang dalam gigi yang membuat syaraf di bagian dasar gigi terbuka. Yang satunya adalah ketika gusi yang membingkai gigi Anda terinfeksi (disebut abses, seperti bisul).

Anda dapat meringankan sakit sakit gigi yang Anda rasakan untuk sementara, tetapi hanya dokter gigi yang benar-benar mampu mengobati dan memperbaiki masalah pada gigi secara lebih permanen. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi untuk sementara.

1/ Berkumur dengan air hangat. Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa mulut Anda bersih dan tidak ada potongan-potongan atau sisa makanan yang mengganggu bagian gigi yang sakit. Air yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa melukai mulut Anda, jadi pastikan menggunakan air suam-suam kuku atau air hangat.

Advertisement

Bersihkan sela-sela gigi Anda dengan benang perlahan-lahan. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi akan menghilangkan makanan dan bakteri yang masih tertinggal di mulut Anda. Hindari flossing terlalu keras di sekitar daerah yang sakit karena bisa menyebabkannya lebih sakit dan berdarah.

2/ Gunakan obat penghilang nyeri yang bisa dibeli secara bebas di apotek tanpa perlu resep dokter. Kadang-kadang cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit adalah untuk meredakannya dengan obat penghilang rasa sakit sampai Anda bisa mengunjungi dokter gigi. Sebagian besar obat yang bisa dibeli di apotek akan bekerja dengan baik untuk meredakan sakit gigi Anda. Dan jika sakit gigi Anda sangat parah sehingga obat tidak mampu mengatasinya, Anda harus segera menemui dokter gigi.

Aspirin sangat membantu untuk meredakan masalah gigi pada bagian rahang pada orang dewasa.

Parasetamol (bukan aspirin) boleh digunakan untuk anak-anak dan remaja.

3/ Tempelkan kompres dingin di luar mulut atau pada pipi. Ini akan membantu meringankan sakit gigi dengan mematikan rasa sakit. Menggunakan cara ini bersamaan dengan obat yang Anda beli di apotek bisa membantu meringankan rasa sakit Anda dulu sebelum obat penghilang rasa sakit mulai bekerja.

4/ Berkumur dengan air garam. Air garam bisa membunuh bakteri dan membuat sakit gigi Anda terasa lebih baik. Ini juga dapat meredakan sakit gigi sehingga tidak sampai terinfeksi. Campurkan 1 sdt (5 gr) garam dengan segelas air hangat dalam gelas ukuran sedang (240 ml).

Kumur-kumur air dalam mulut Anda dan keluarkan air. Pastikan Anda tidak menelannya!

5/ Usap area yang sakit dengan minyak cengkih dan minyak zaitun. Celupkan bola kapas atau kapas pentol dalam campuran beberapa tetes minyak cengkih dan sedikit minyak zaitun, dan tempelkan bola kapas ke area yang sakit.

6/ Tempelkan teh celup hangat ke area yang sakit. Zat tanin alami yang terkandung dalam teh dapat membantu mematikan rasa sakit. Ini sangat baik untuk meredakan pembengkakan atau iritasi gusi Anda. Pastikan teh celup tidak terlalu panas, kalau tidak anda hanya akan melukai area lainnya.

Penggunaaan teh secara terus-menerus dapat menodai gigi, jadi gunakan seminimal mungkin.

 

LAPORAN: REDAKSI

Info Lomba Terbaru