5 Rekomendasi Pesantren Paling Keren di Bekasi

Ada lebih dari 200 pesantren di Bekasi, berikut kami rangkumkan lima pesantren yang paling hits di kota dan kabupaten Bekasi. Lima pesantren ini memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda dari pesantren-pesantren lainnya yang bisa menjadi pertimbangan ayah dan bunda dalam menentukan tempat terbaik bagi putra dan putrinya untuk menimba ilmu agama dan ilmu umum sebagai bekal menghadapi tantangan kehidupan.

1. Pesantren Attaqwa Bekasi

IMG 20240217 WA0016
Pondok Pesantren Attaqwa didirikan oleh Al-Maghfurlah Kiai Haji Noer Ali sejak 1940. Pondok Pesantren Attaqwa Putra memiliki jenjang pendidikan mulai dari Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Tahfiz. Berlokasi di Jalan Ujung Harapan Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Ponpes Attaqwa menggunakan kombinasi antara Kurikulum Pemerintah dengan Kurikulum Luar Negeri (Cambridge & Al-Azhar Mesir) serta Kurikulum Pondok.

Baca Juga

Selain kampus putra, Pondok Pesantren Attaqwa memiliki kampus putri, untuk mendidik anak perempuan menjadi generasi yang benar, pintar, terampil, dan disiplin. Pondok Pesantren Putri memiliki jenjang pendidikan mulai dari MTs. MA, dan Ma’had Aly Attaqwa. Lokasi Pondok Pesantren Putri tidak jauh dari Pondok Pesantren Putra.

2. Pesantren Hidayatunnajah

IMG 20240217 WA0006
Pondok Pesantren Hidayatunnajah didirikan pada 1989 oleh Kiai Haji Mahrus Amin dengan nama Annajah. Pada 2008 berganti menjadi Pesantren Hidayatunnajah, dengan beberapa perubahan pada kurikulum dan tata tertib.

Pondok Pesantren Hidayatunnajah memilili jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, MTs, MA, I’dad Muhafizhat dan I’dad Mu’alilmil Lughah Al-Arabiyyah (Diploma 2/D2), hingga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah (setara S1). Lokasinya berada di Jalan Raya Pebayuran Desa Kertasari Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi.

3. Pesantren Motivasi Indonesia

IMG 20240217 WA0007
Pesantren Motivasi Indonesia didirikan oleh Kiai Haji Nurul Huda pada tahun 2012 dengan motto “LOVE ALL SERVE ALL”. Memadukan tradisi intelektual Islam klasik khas pesantren salafiyah Nahdlotul Ulama (kitab kuning) dengan tradisi pendidikan pesantren modern, Pesantren Motivasi Indonesia menawarkan kurikulum terobosan terkini, fun learning, ramah anak, serta adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi terbaru dengan membekali santrinya media pembelajaran berupa sistem android dalam proses belajar, satu santri satu tablet android untuk membekali santri tiga muatan inti pesantren; Dirosah Islamiyah, Bahasa Inggris, dan Teknologi Informasi.

Kurikulum inti dari di Pesantren Motivasi Indonesia adalah pendidikan karakter muslim yang memiliki sifat tawassuth, tawazun, i’tidal, dan tasamuh sebagai ajaran utama Ahlussunnah wal Jamaah yang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari santri dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan program pesantren untuk memperkuat Akidah, melaksanakan Syariah, berakhlakul karimah dalam hidup bernegara, menjunjung tinggi kebudayaan luhur Nusantara sebagai nilai-nilai dalam berdakwah.

4. Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah

IMG 20240217 WA0018
Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah Bekasi mengembangkan program terpadu, yaitu pendidikan selama 6 tahun. Meliputi, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan pendidikan Diniyah secara reguler.Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah juga membuka program pendidikan singkat (intensif) untuk Diniyah yang dibarengi program 3 tahun bagi lulusan MTs dan SMP yang ingin melanjutkan studi di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah. Dengan catatan, para santri harus mengikuti program pendidikan mengajar atau pengabdian minimal 1 tahun di luar waktu pendidikan.

Tidak hanya pendidikan formal, santri-santri mengikuti beragam kegiatan sesuai minat dan bakat. Mulai dari Tahsin dan Tahfidz, pengkajian kitab kuning (Kutubutturots), pidato 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), marawis, hadrah, praktik ubudiyah, pramuka, paskibra, qalami, dan grup pianika.

5. Pesantren Modern Al-Hassan Bekasi

IMG 20240217 WA0019
Pesantren Modern Al-Hassan Bekasi didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Satori Ismail pada tahun 2004. Keunggulan pesantren ini adalah penggunaan Bahasa Arab sehari-hari serta dalam kegiatan belajar mengajar dan memiliki program tahfidz Al-Qur’an 30 juz untuk mencetak santri yang menguasai ilmu agama secara mendalam.

Selain itu, pesantren ini memiliki kurikulum terpadu untuk melatih kepemimpinan santri mulai dari sistem organisasi di setiap kamar, kelas, klub khitobah, kulub olahraga, hingga pramuka. Pesantren Modern Al-Hassan Bekasi juga peduli dengan lingkungan hidup dan melaksanakan banyak program untuk lingkungan.

Demikian rangkuman lima pesantren ter hits di Kota dan Kabupaten Bekasi yang memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing sebagai pertimbangan ayah dan bunda dalam mendidik putra-putri. Adapun informasi lebih detail bisa ditanyakan ke narahubung pesantren yang tersedia di website pesantren. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

Add New Playlist