5 Cara Mudah Beradaptasi untuk Mahasiswa Baru

0

KATAINDONESIA.COM – Menjadi mahasiswa baru bisa jadi sangat menyenangkan, sekaligus menakutkan!, Kenapa? Karena gimanapun juga, kuliah adalah dunia baru yang bisa memberikan banyak pengalaman. Masalahnya, dunia baru tidak sama dengan Dunia Lain. Kalau kamu tidak kuat, kamu tidak bisa lambaikan tangan ke kamera!. Dengan kata lain, kalau sudah jadi mahasiswa, kamu tidak boleh menyerah, apalagi pura-pura pingsan.

Terus, bagimana cara mudah beradaptasi, agar kita bisa enjoy memulai masa perkuliahan? Tenang saja, kali ini kataindonesia.com akan memberikan 5 tips dan trik jitu supaya kamu mampu beradaptasi dengan cepat di tempat kuliah baru.

1. Mulailah untuk membuka diri dengan orang-orang baru.
Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mudah beradaptasi dengan lingkungan kamu atau dilingkungan tempat kuliah baru, kamu harus membuka diri dengan orang-orang baru di lingkungan kamu itu.
2. Mencari informasi seputar fakultas dan jurusan yang kamu pilih.
selanjutnya kamu perlu mencari tahu informasi seputar fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari cara pembelajarannya atau mata kuliah yang akan diambil seperti apa, karena biasanya di setiap kampus itu berbeda sistem akademik dan administrasinya.
3. Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Oraganisasi di Universitas
Tips yang ketiga adalah sarana kamu mendapat teman, pengalaman, serta skill. Ikuti saja apa yang menjadi hobi dan minatmu. Namun, jangan coba-coba untuk mengikuti banyak UKM karena selain menyita waktu, itu akan membuatmu kewalahan. Pilihlah satu atau dua UKM yang paling kamu sukai dan kuasai secara mendalam daripada banyak UKM namun seluruhnya tidak beresensi.
4. Jangan malu bertanya
sebagai mahasiswa baru, kamu jangan malu untuk bertanya tentang apa saja yang ada di kampusmu, meskipun hal sekecil apapun misalnya menanyakan ruang dosen ataupun bertanya kepada senior. Karena hal ini agar melatih mental mu untuk selalu bisa berani berhadapan dengan orang baru.
5. Membuat kelompok belajar
Untuk kamu disarankan membuat kelompok belajar, karena kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan.

Advertisement

Nah, mudah kan? Pastinya dong. Itulah tips dan trik mudah beradaptasi untuk kamu para mahasiswa baru yang bisa kamu terapkan di perkuliahan.

Laporan : Fajarudin Abriansyah

Info Lomba Terbaru