4 Tips Makan Sehat dengan Budget Anak Kost

143

KATAINDONESIA.COM – Bagi sebagian orang, makan sehat identik dengan harga mahal. Sebab, untuk bisa makan sehat, seseorang perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk membeli makanan yang beragam dan menucukupi kebutuhan gizinya.

Bila ingin makanan makanan empat sehat lima sempurna misalnya, seseorang perlu membeli nasi, lauk-pauk, sayur, buah, dan susu. Tentu itu akan jauh lebih mahal ketimbang makan dengan mi instan saja.

Demi mengirit budget yang terbatas, banyak orang, termasuk anak-anak kos, lebih memilih makan makanan yang lebih murah tapi belum tentu sehat dan menyehatkan. Padahal bukan berarti karena budgetminimal kamu harus mengorbankan kesehatanmu dengan tidak makan secara sehat kan?

Advertisement

Untuk menyiasati hal ini, bagi para anak kos maupun orang-orang lainnya, berikut ada empat tips yang dikutip dari Medical Daily agar kamu bisa tetap makan sehat meski dengan biaya terbatas.

1. Buatlah daftar belanjaan

Membuat daftar belanjaan mungkin terlihat merepotkan, namun cara ini terbukti efektif untuk mengkontrol seberapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk belanja.

Tuliskan belanjaan yang perlu kamu beli, jangan lupa diukur kandungan gizinya, baik itu protein, vitamin, zat besi, dan lainnya. Jangan lupa membeli sayur dan buah-buahan dan kurangi belanja makanan yang tidak banyak manfaatnya, apalagi tinggi gula, garam dan kalori.

Dengan begini, kamu bisa menekan budget belanjamu dan tetap makan sehat.

2. Beli dalam jumlah yang banyak

Beberapa makanan bisa dibeli dalam jumlah yang banyak dan harganya lebih murah, misalnya makanan beku.

“Tidak ada masalah membeli buah ataupun sayuran beku, selama tidak ada lemak atau gula tambahan serta memberikan gizi yang cukup untuk keluarga,” kata Keri Gans, mantan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics kepada Live Science.

Kalau kamu ngekos bareng teman, cobalah untuk mengajak mereka membeli buah dan sayuran bersama.

3. Kurangi konsumsi daging

Memang untuk anak kos, daging adalah sebuah kemewahan.

Namun bila kamu masih bisa beli daging, apalagi daging yang diproses seperti chicken nugget atau daging kalengan, gantilah konsumsi ini dengan makanan lain seperti dengan kacang-kacangan, telur, ataupun alternatif protein pengganti daging lainnya seperti tahu dan tempe. Selain lebih sehat, tentu saja lebih hemat.

4. Kurangi camilan, ganti dengan makanan sehat

Sadar atau tidak, membeli camilan itu boros dan sebenarnya tidak ada manfaatnya serta hanya menambah kalori yang membuat tubuhmu gemuk.

Oleh karena itu, kurangilah anggaran belanja untuk membeli camilan dan ganti dengan membeli sayur atau buah. Contoh, kalau kamu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah untuk membeli sekantong keripik, dengan harga yang sama kamu bisa membeli setengah kilogram buah duku yang kaya vitamin C dan rendah kalori.

Atau bila kamu biasa membeli minuman soda, gantilah dengan membeli air mineral saja yang lebih murah dan sehat.

Info Lomba Terbaru