JAKARTA, KataIndonesia.com – Pentingnya olahraga dan menjaga tubuh semakin disadari oleh banyak orang. Untuk membuat agar badan tetap sehat dan bugar tak harus mahal pasalnya olahraga bisa dilakukan dimana dan kapan pun.

Kebanyakan orang yang ingin berolahraga dan membentuk badan menjadikan tempat gymsebagai alternatif yang dipilih. Padahal, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Namun hal itu tak berlaku bagi Ade Abdullah Opier (27).

Dia lebih tertarik dengan olahraga murah meriah tanpa harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Sejak akhir 2015 dirinya memulai olahraga Calisthenics, hingga saat ini dirinya memiliki bobot beratnya 62 Kg.

Mengetahui teknik latihan di gym, Ade akhirnya mencari alternatif olahraga yang lebih murah meriah. Singkat cerita ia diberitahu oleh salah satu rekannya untuk mencoba calisthenics.

“Kita niatkan olahraga dulu, tapi ternyat ada hasilnya. Akhirnya saya juga ajak teman-teman supaya hidup sehat dengan olahraga,” tutur Ade ketika diwawancarai oleh wartawan KataIndonesia.com di Tebet Senin Sore (11/9).

Nah, untuk calisthenics Ade mendapat banyak teknik baru. Sejak saat itu, dia banyak melihat kanal di Youtube untuk menjadi referensi. Setelah dicoba, Ade berkesimpulan, gerakan calisthenicshampir mirip dengan apa yang biasa ia lakukan di tempat gym.

Bedanya, ada beberapa gerakan variasi lainnya seperti, push up, pull up, squat, dipping muscle updan beberapa gerakan lainnya.

Bahkan karena kecintaanya terhadap olahraga tersebut, Ade kini merupakan satu-satunya seorang trainer (pelatih) calisthenics yang masih eksis dan aktif di Tebet Jakarta Selatan.

Ade Abdullah Opier saat melakukan human flag

Calisthenics sendiri adalah latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana secara berirama. Pada umumnya gerakan yang dilakukan tidak menggunakan bantuan peralatan. Selain itu, kita juga bisa melakukan bodyweight exercise atau latihan kekuatan yang tidak membutuhkan beban tambahan. Biasanya latihan yang dilakukan hanya menggunakan berat badan sebagai perlawanan ketika melakukan gerakan.

Baca Juga :   Massa Aksi Bela Rohingya Padati Bundaran HI

“Tidak sulit kok untuk melakukannya, karena Anda bisa mencobanya sendiri di rumah ataupun bersama teman yang juga ingin berolahraga,” tuturnya.

Comments

comments