JAKARTA, KataIndonesia.com – Di era serba maju ini, kehadiran teknologi sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam dunia fotografi dan videografi, drone menjadi salah satu teknologi yang sangat canggih.

Kemudahan mendapatkan dan menggunakan drone sangat membantu manusia. Bentuknya yang relatif kecil dan ramping membuat drone bisa masuk ke celah-celah yang sempit bahkan kegiatan berbahaya seperti memantau struktur industri kimia.

Dengan drone, kita dapat mengambil foto atau video landscape. Sudah banyak fotografer, maupun youtuber, yang mengabadikan momen penting mereka dengan drone. Dan rata rata, hasilnya sangat memuaskan.

Di Amerika Serikat, beberapa lembaga penegak hukum menggunakan drone untuk mencari orang hilang dengan mendeteksi suhu tubuhnya. Teknologinya pun semakin canggih dengan adanya sensor night vision dan sinar X yang disematkan pada drone tersebut.

Terdapat juga sisi negatif dari penggunaan drone. Drone seringkali disalahgunakan untuk tujuan buruk. Misalnya di AS, drone digunakan untuk mengirim narkoba atau senjata tajam ke penjara. Atau di beberapa wilayah Timur Tengah, drone digunakan sebagai senjata bahan peledak.

Akan tetapi, hal seperti ini sebenarnya dapat diatasi dengan menyerang sistem elektronik yang ada di dalam drone. Karena sistem drone menggunakan GPS, kita bisa mengelabui sistemnya dengan gelombang elektromagnetik. Kemudian, gelombang tersebut bisa mengacaukan si pengguna drone, bahkan menghancurkan sistem elektroniknya.

 

Laporan: Indira

Comments

comments

Baca Juga :   Sekarang Cari Percakapan WhatsApp Lebih Cepat via Shortcut