Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Bekerja Sama dengan Dua Universitas di Azerbaijan

0

BAKU, KataIndonesia.com – Rektor UNIDA, Prof. Dr. KH. Amal Fathullah beserta jajarannya telah melakukan kunjungan ke kota Baku, Azerbaijan. Selama kunjungannya ke negeri berangin ini, UNIDA melaksanakan beberapa program. Antara lain melakukan seminar sosialisasi wakaf dan Islamic Social Finance yang bekerja sama dengan Bank Indonesia di Khazar University, melakukan kunjungan silaturahmi ke Caucasus Muslim Board dan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan dua universitas di Azerbaijan, yaitu Khazar University dan Baku State University.

Pada pertemuan dengan pimpinan Caucasus Muslim Board, tanggal 19 September 2018, secara garis besar Haji Salman menjelaskan peranan Caucasus Muslim Board di dalam kerangka pemerintahan negara Azerbaijan.

Di dalam konstitusinya, terdapat pemisahan yang jelas antara urusan lembaga non-agama dengan urusan keagamaan di Azerbaijan, dan pusat pengembangan urusan agama adalah satu poros tugas dari Caucasus Muslim Board, baik Islam Sunni maupun Shia. Haji Salman menyambut dengan baik delegasi dari UNIDA dan menghimbau dijalinnya kerja sama di bidang-bidang lain antara UNIDA dengan beberapa lembaga di Azerbaijan, salah satunya universitas bernama Baku Islamic University.

Berselang satu hari, delegasi UNIDA bersama dengan representasi dari Bank Indonesia, Dr. Rifki Ismail mengadakan seminar bertajuk ‘Optimizing the management of waqf assets and their contribution to stabilizing the economy’. Seminar yang berlangsung untuk kalangan akademisi dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Ekonomi Khazar University ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi di Khazar University. Dihadiri sekitar 50 orang audiens. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, Wakil Rektor UNIDA, menjelaskan bagaimana pengaturan asset wakaf yang sudah diimplementasikan pada Pondok Modern Gontor Darussalam dan UNIDA serta bentuk gaya hidup dalam aspek yang lebih luas dapat diciptakan dengan manajemen di bidang wakaf yang baik.

Usai mengadakan seminar, Delegasi UNIDA disambut oleh Rektor dari Khazar University, Prof. Hassan Niknafs bersama beberapa Dekan dan staff pengajar di Khazar University. Pertemuan ini berlangsung hangat, di mana Rektor Khazar University menjeskan beberapa fakultas yang unggul dari Khazar University, seperti fakultas Ekonomi, Ilmu Komputer dan Hubungan Internasional. Fakultas-fakultas ini siap untuk melanjutkan kerja sama antara kedua universitas. Rektor dari UNIDA menjelaskan dalam bidang Ekonomi dan Ilmu Komputer sudah ada beberapa proposal program kerja yang dapat segera disampaikan kepada Khazar agar nota kesepahaman yang mereka tandatangani dapat berjalan secara kongkret.

Keesokan harinya, pada 21 September 2018, Delegasi UNIDA disambut oleh beberapa Dekan dan kepala Departemen di Baku State University dan dilanjutkan dengan ramah-tamah. Dalam sesi ini, perwakilan dari kedua universitas saling memperkenalkan dirinya masing-masing dan beberapa program unggulan dari universitas masing-masing. Selanjutnya, Rektor dan Wakil Rektor UNIDA dipanggil untuk bertemu dengan Rektor Baku State University, Akademisi Abel Maharramov untuk menandatangani nota kesepahaman antar kedua universitas.

“KBRI Baku sangat mendukung bentuk kerja sama di bidang pendidikan baik untuk pertukaran tenaga pengajar, mahasiswa, penelitian bersama dan kami sangat berharap di masa depan akan ada beberapa Indonesia Centre di kampus-kampus universitas setempat yang difasilitasi oleh berbagai universitas dari Indonesia. Kami berharap kerjasama UNIDA dengan Khazar University dan Baku State University ini dapat membawa kontribusi langsung bagi perkembangan ilmu pengetahuan, para akademisi dan pelajar, serta meningkatkan hubungan bilateral bagi kedua negara,” Ujar Husnan Bey Fananie, Dubes RI Azerbaijan.

Nota kesepahamanan berisi kemungkinan kerja sama untuk pertukaran ahli, dosen, staff dan pelajar dari kedua universitas untuk term kerja selama 5 tahun, dan terbuka kemungkinan untuk memperpanjang kontrak tersebut.

 

LAPORAN: RIZKY ALVIN