Tips Merawat Cat Dinding Rumah Agar Tetap Awet

0

KATAINDONESIA.COM – Mempunyai rumah yang indah merupakan impian serta idaman bagi setiap orang. Salah satu hal yang paling penting di dalam unsur keindahan tersebut adalah warna cat pada setiap dinding bangunan.

Biasanya cat dinding pada bagian luar rumah bisa lebih cepat mengalami kerusakan seperti warnanya yang memudar atau terkelupas karena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Bahkan perubahan iklim juga bisa membuat munculnya jamur di tembok rumah karena suhu yang lembab atau basah.

Maka dari itu untuk meminimalisir warna cat yang semakin memudar, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan.

*Bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding yang ingin dicat*

Sebelum mulai mengecat, pastikan dinding dalam keadaan bersih dan tidak ada noda atau debu tebal yang menempel. Adanya kotoran dapat membuat cat tidak menempel dengan sempurna hingga rawan mengelupas.

Dan bila dinding terlanjur sudah berlumut, siram dengan air kaporit agar benih jamur di tembok mati. Setelah itu baru bisa mulai mengecat ketika dinding sudah dalam keadaan kering.

*Cara pengaplikasian Cat pada dinding*

lapisi dinding terlebih dahulu dengan cat yang tipis. Kemudian ketika akan kering, lapisi kembali cat tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk membuat warna cat lebih kuat dan tahan lama.
Selain itu, usahakan jangan mengecat ketika cuaca sedang mendung. Karena jika sudah hujan, airnya akan mengenai cat tembok dan meresap kedalam tembok. Jika sudah seperti itu, air nantinya akan sulit keluar karena terhalangi oleh cat. Akibatnya, dinding akan menjadi lembab dan menimbulkan noda serta keretakan pada cat yang disebabkan karena cat tersebut tidak merekat dengan baik.

*Sesuaikan Cat dengan Bahan Dinding*

Cat yang biasa digunakan untuk dinding tembok biasa tentu akan berbeda dengan cat yang dipakai untuk dinding kayu atau batu alam. Cat tembok biasanya memiliki tekstur lebih tebal dibandingkan cat dinding batu atau kayu agar lapisan semen di bawahnya tidak terlihat.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat cat rumah anda lebih awet dan tetap indah. Dengan keindahan cat rumah dapat mencerminkan kehidupan didalam rumahnya tentu saja akan membuat anda lebih nyaman dalam menempatinya.

*Laporan : Eka Kurniansyah Gozali*

Advertisement