Tips dan Cara Untuk Terhindar dari Berita Hoax

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Perkembangan teknologi yang semakin canggih termasuk di dunia IT dan informasi dapat mempermudah seseorang mencari serta mengetahui segala informasi yang diinginkan. Dari perkembangan informasi yang sangat cepat tersebut selain membawa dampak positif, ternyata ada juga dampak negatif. Dan akhir-akhir ini dunia maya banyak sekali dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

Yuk, simak cara menghindari berita hoax di bawah ini dan jadi netizen yang lebih cerdas!

Cek Narasumber
Ketika kamu menerima berita dari sosial media seperti Twitter, Line, WhatsApp, dan lain -lain, cobalah untuk melihat dari mana sumber beritanya. Terkadang, berita hoax hanya memiliki keterangan ‘dari grup sebelah’ atau tidak menyebutkan narasumber. Sebelum kamu yakin tentang sumber berita, jangan kamu sebarkan beritanya. Berita abal abal dibuat berdasarkan karangan pelakunya bukan berdasarkan fakta yang ada sehingga sangat mungkin berita tesebut tidak memiliki sumber yang jelas. Isi tulisan biasanya tidak kredibel dan cenderung memihak pada satu pihak tertentu, atau di sisi lain tulisannya mungkin bersifat  menjelek jelekkan atau menjatuhkan pihak lain.

Waspada Dengan Video atau Gambar yang Dikirimkan
Selain artikel, hati-hati ketika melihat video atau gambar yang terlalu menyeramkan serta fenomenal. Terkadang, video atau gambar itu bukan dari kejadian yang sebenarnya, melainkan diambil dari kejadian yang sudah lewat di tempat lain. Biasanya orang cenderung mudah sekali di bohongi dengan foto dan video editan. Meskipun tampak sangat meyakinkan, Jangan mudah percaya dahulu terhadap foto atau video yang anda lihat di media sosial ataupun di internet. Karena foto dan video tersebut bisa saja sudah di manipulasi, di edit, atau dirubah demi untuk tujuan pembuatan berita hoax tersebut, terlebih saat ini manipulasi foto dan video bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan dengan dukungan teknologi.

Antisipasi Judul
Judul yang provokatif sangat marak digunakan bagi penulis artikel untuk meningkatkan kunjungan atau tanggapan di media sosial maupun media masa elektronik lainnya. Sehingga, tidak jarang, pembaca segera tergiur untuk membaca. Padahal belum tentu berita tersebut benar adanya. Untuk menghindari berita hoax jenis ini, pembaca disarankan untuk mencari berita yang sama dari sumber yang lain.

Misalnya kamu baca berita A di situs A, coba kamu cari lagi dengan judul yang sama di google apakah ada situs lain yang juga menerbitkan berita yang sama, dan kalau bisa yang di jadikan rujukan adalah situs berita besar, televisi dan media masa yang sudah terbukti kredibilitas nya.

Logikanya kalau di TV yang notabene media masa terbesar saja tidak ada beritanya, tidak mungkin lah berita yang dibuat media kecil seperti website dan media sosial terjamin kebenaran isi informasinya.

Jadi lebih baik tinggalkan berita yang tidak jelas asal muasalnya. Jangan langsung percaya dengan segala berita yang sudah diterima.

Laporan : Eka Kurniansyah Gozali

Advertisement