Tips Cara Merawat dan Memelihara Kucing

0

KATAINDONESIA.COM – Kucing telah hidup berdampingan dengan manusia sejak lama. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.

Kucing merupakan hewan yang menggemaskan, karena sudah banyak kita ketahui bahwa kucing juga dikenal sebagai hewan yang sangat mudah beradaptasi.
Kemudahaannya beradaptasi yakni berupa adaptasi lingkungan sehingga sangat mudah bagi setiap orang untuk memelihara seekor kucing atau lebih.

Berikut beberapa cara yang harus diperhatikan dalam merawat dan memelihara kucing menurut kataindonesia.com.

*Tempat Tinggal atau Kandang*
Kandang adalah salah satu benda yang paling dibutuhkan kucing. Namun pada kenyataanya, hanya sebagian pemelihara kucing saja yang membutuhkan kandang.

Hal ini dikarenakan tidak semua pecinta kucing suka memelihara kucing kesayangannya di dalam kandang. Banyak dari mereka yang lebih suka membiarkan kucing kesayangannya berkeliaran di halaman atau rumah.

Dalam membeli atau membuat kandang kucing, sangat penting untuk mengetahui dan menggunakan bahan apa yang akan dibuat bahan dasarnya. Hal ini karena bahan kandang memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan kucing.

Cari kandang-kandang yang terbuat dari bahan tidak berbahaya, seperti bahan aluminium. Bahan aluminium ini bagus karena awet, tidak mudah berkarat dan mudah dalam proses pembersihannya.

*Makanan*
Kucing tergolong sebagai hewan karnivora atau pemakan daging tentu makanan utama mereka adalah daging. Daging apa yang baik untuk kucing?

Untuk makanan jenis daging ini semuanya bagus, namun perlu diperhatikan untuk mengolahnya sebelum diberikan untuk si kucing.

Selain itu boleh juga diberikan makanan khusus untuk kucing. Namun, pandailah dalam memilih makanan khusus untuk kucing. Kamu bisa memberikan makanan yang bisa dibeli per kilonya di PetShop terpercaya.

*Minuman*
Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup di bumi, tak terkecuali dengan si kucing. Berikanlah kucing air mineral untuk minuman setiap hari.

Selain itu, kucing juga dapat diberikan susu. Susu kaya akan kalsium dan protein, kandungan dalam susu tersebut tentu sangat baik dalam pertumbuhan dan kesehatan si kucing.

Tetapi, jangan berikan susu sapi, karena kucing tidak bisa mencerna protein susu sapi dengan baik. Jika kamu tetap ingin memberikan minuman untuk kucing berupa susu, belilah susu rekomendasi dari PetShop kesayangan.

*Vitamin*
Selain perlengkapan untuk kebutuhan badan kucing, ada juga vitamin yang perlu diberikan kepada kucing. Vitamin ini berfungsi untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.

Dengan memberikan makanan, minuman maupun vitamin yang tepat dapat membuat kucing lebih aktif dan menghasilkan bulu yang lebat juga sehat dibanding dengan kucing lainnya.

Semoga artikel tentang makanan untuk kucing ini dapat membantumu supaya lebih mengetahui tentang si kucing dan merawatnya dengan kasih sayang.

Laporan : Eka Kurniansyah Gozali

Advertisement