Tips Berwisata Saat Musim Hujan

0

KataIndonesia.com – Tidak terasa besok sudah weekend lagi, ya! Sudah punya rencana wisata belum, nih? Setelah berkutat dengan rutinitas yang padat dari hari Senin hingga Jumat, rasanya kalau weekend diem di rumah aja, agak membosankan juga kan? Meskipun musim hujan, berwisata itu tetap bisa dilakukan kok! Tenang saja!

Biar weekend Anda menyenangan, berikut enam tips berwisata saat musim hujan menurut tribunjabar.id

1.Cari destinasi indoor

Di musim hujan seperti saat ini, sangat berisiko jika kita mengunjungi gunung atau pantai. Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa merencanakan liburan dengan mengunjungi destinasi alternatif lainnya seperti taman wisata indoor. Seperti pusat perbelanjaan, museum, pameran lukisan, dan masih banyak lagi.

 

2.Berwisata kuliner

Menghabiskan waktu liburan saat musim hujan, sepertinya kalian perlu mencoba berwisata kuliner. Berwisata kuliner dapar menjadi penghangat badan di saat udara sedang dingin. Kuliner berkuah yang hangat menjadi santapan yang khas di kala sedang hujan. Tentunya kuah makanan yang panas bisa menghangatkan tubuh. Kalian bisa mencoba bakso kuah, sajian soto, dan beragam minuman penghangat lainnya, seperti jahe, ronde, dan bajigur.

3.Jaga kondisi saat travelling

Kalian memerlukan kondisi tubuh yang ekstra jika ingin berjalan-jalan di saat musim hujan. Minum vitamin sebelum berwisata menjadi cara yang tepat dalam menjaga stamina tubuh agar selalu fit. Hindari konsumsi minuman yang dingin dan perbanyak air putih yang cukup. Jangan lupa bawa jaket, supaya tetap menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

 

4.Perhatikan pakaian yang dipakai

Pada musim hujan, biasanya udara akan lebih dingin dari biasanya. Maka persiapkan pakaian yang dapat membuat tubuh menjadi hangat. Kalian bisa memakai jenis pakaian seperti sweater dan jaket yang tebal. Jika perlu persiapkan juga baju ganti, jika kalian kemungkinan mengalami insiden kehujanan. Terpenting, jangan lupa sediakan kantong plastik di tas untuk melindungi ponsel dan alat elektronik yang kalian bawa supaya tidak terkena air hujan.

5.Siap sedia payung atau jas hujan

Hujan bisa mengguyur kapan saja, meskipun kita sudah memantau prakiraan cuaca. Untuk berjaga-jaga ada baiknya kalian persiapkan payung. Bagi kalian yang berjalan-jalan mengendarai motor ada baiknya tetap sediakan jas hujan di dalam jok motor.

6. Cek Prakiraan Cuaca

Paling utama sebelum kita keluar rumah adalah mengecek prakiraan cuaca. Selain dapat mempersiapkan diri dengan tepat, kalian juga bisa merencanakan lokasi wisata yang tepat dengan cuaca yang sesuai. Pencekan prakiraan cuaca kalian bisa kunjungi laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).