Tinjau Lokasi Kebakaran di Tambora, Ini yang Dikatakan Sandiaga kepada Haji Lulung

0

Cawapres Sandiaga Uno meninjau lokasi permukiman warga yang terbakar di Tambora, Jakbar, Kamis (10/1/2019). Sandiaga datang dengan didampingi Haji Lulung.

Cawapres nomor 02 ini mengutarakan niat membentuk Kementerian Bencana jika memenangi Pilpres 2019. Menurutnya Kementerian ini hasil integrasi badan-badan yang fokus dalam penanganan bencana.

“Kita lagi mendorong adanya Kementerian Bencana. Kementerian Bencana ini integrasikan beberapa badan ini yang selama ini poksinya (tugas pokok dan fungsi, red) ada tapi belum terkoordinasi dengan baik,” kata Sandiaga usai meninjau lokasi kebakaran di RW 04, Tambora, Jakbar, Kamis (10/1/2019).

Sandi sempat berkeliling dan berbincang dengan warga di lokasi kebakaran tersebut. Dia juga sempat salat di musala yang ada di sekitar lokasi. Sandi didampingi politikus PAN Abraham Lunggana (Lulung) dan ketua RW setempat.

Sandi menyebut kedatangannya ke lokasi kebakaran itu mengingatkan dirinya saat berkampanye di Pilgub DKI 2017 lalu.

Dia mengatakan daerah tersebut jadi titik pertama dirinya mensosialisasikan visi-misinya. Sandi ingin menambah posko untuk masyarakat yang terdampak kebakaran di lokasi tersebut.

“Saya berharap kita bisa dirikan beberapa posko di sini untuk membantu mereka. Saya sudah lihat tadi posko untuk dapur umumnya sudah disediakan untuk 150 jiwa, makanan 3 kali sehari alhamdulillah tidak kekurangan apa-apa,” ungkap Sandi.

Sandi ingat ketika masih menjadi Wagub DKI memikirkan soal penataan ulang permukiman padat penduduk yang rawan terjadi kebakaran. Di sisi lain, menurutnya, masyarakat perlu sadar soal bahaya kebakaran.

“Kalau dulu ada istilahnya waktu saya datang kemari, setiap berapa hari ada kebakaran di sini? Waktu dulu selalu ada ininya, Pak Lulung juga tahu karena ini dapil yang sangat rentan karena padat sekali. Jadi saya sama Pak Anies (Gubernur DKI Anies Baswedan) memikirkan bagaimana bisa menata ulang dan merevitalisasi dan sumber dari kebakaran itu kan biasanya listrik ya korslet atau dari masak,” ujar Sandi.

Usai berdialog dan meninjau lokasi kebakaran, Sandi lalu meninggalkan lokasi. Sandi batal mengunjungi Pasar Mitra Tambora yang sebelumnya diagendakan akan dihadiri untuk berdialog dengan para pedagang.

Laporan : Rusdil Fikri