Tanpa Politik Uang, Inilah Lima Tips Bagi Caleg Agar Menang di Pileg 2019

0

KATAINDONESIA.COM – Tahun 2019 merupakan tahun bersejarah dalam pesta demokrasi Indonesia, yakni digelarnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam hal memenangkan pemilu, partai politik dan calon legislatif (caleg) tidak bisa berdiam diri dengan mengandalkan kekuatan dan pola-pola yang lama, apalagi tetap mengikuti tren politik uang.

Bagi para Caleg, tips berikut yang telah dirangkum oleh kataindonesia.com mungkin bisa dijadikan pegangan, khususnya agar dapat meraih sebanyak mungkin dukungan dan lolos melaju ke gedung DPRD atau DPR, inilah 5 Tips Caleg agar menang :

1. Turun Tangan

Untuk menguji komitmen, integritas, sekaligus media perkenalan diri. Seorang caleg mestinya banyak turun tangan alias terlibat langsung di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat sebagai pemilih (punya hak pilih) pastinya ingin melihat, mengenal dan mengetahui secara langsung figur (sosok) caleg yang akan dipercayakan nantinya menjadi wakil mereka di parlemen. Bukankah ada istilah “tak kenal maka tak sayang”. Dengan turun tangan langsung kepada masyarakat, maka para caleg ini tentu akan dikenal baik oleh para pemilihnya. Rakyat (pemilih) saat ini sudah semakin cerdas dan tidak bisa lagi dibodoh-bodohi. Mereka tak lagi gampang terjebak pada praktik beli kucing dalam karung.

2. Ringan Tangan

Ringan Tangan alias mudah bersambung tangan dapat diartikan sebagai sifat dan sikap suka menolong (suka memberikan bantuan). Bukan “ringan tangan” dalam pengertian suka memukul atau menempeleng. Sifat dan sikap dari seorang caleg kepada sesama tentunya akan mendapatkan banyak simpatik dari masyarakat. Masyarakat tentunya akan lebih memilih caleg yang selama ini mereka kenal sebagai sosok yang suka menolong sesama ketimbang memilih caleg yang sama sekali tidak pernah terdengar sedikit pun memberikan bantuan (pertolongan) kepada sesama warga.

3. Kenali Lawan Sesama Dapil

Kenali lawan, lawan yang dimaksud adalah lawan dari Calon legislatif yang berada 1 (satu) Dapil (siapa dia?) mengapa Dia menjadi Caleg, asal usul keluarga besarnya, basisnya, kapasitasnya, integritas nya, setelah itu mengenai kelemahannya, kekurangannya.

4. Memilih Zona Lumbung Suara

Ada sebuah pemahaman yang mungkin perlu menjadi pertimbangan sang caleg dalam kampanye yaitu ia tidak perlu melakukan kampanye di semua wilayah, kampung atau desa.

Fokuskan hanya menggarap wilayah-wilayah tertentu berdasarkan hasil pemetaan kekuatan dan peluang suara Anda. Lalu, wilayah-wilayah yang bukan prioritas, posisinya hanya untuk suara tambahan saja.

5. Siapkan Kepribadian Yang Berkarakter

Membangun kepribadian yang berkarakter khusus adalah bagian dari upaya yang berdampak kepada angka popularitas. Popularitas itu dapat berarti dikenal oleh masyarakat pemilih pada dapil dimana kamu maju sebagai caleg. Bangunlah karakter pribadimu sebagai seorang caleg berkelas tinggi yang merakyat, mengayomi, ramah dalam tegur sapa, visioner yang cerdas, mampu, berkemauan yang kuat, gentle/ fair, serta memiliki ahlak yang terpuji. Jangan sampai dikenal sebagai caleg yang lemah, egois, untung-untungan, malas belajar, sempit pemahaman, dan karakter negatif lainnya.

Itulah lima tips agar anda dapat menang, sebenarnya banyak strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Tidak hanya dengan money politic (politik uang). Melainkan memberikan hal yang produktif bagi masyarakat sebelum Anda menjadi anggota legislatif. Dan telah bisa mendatangkan solusi sebelum Anda memiliki power untuk menghasilkan penyelesaian masalah yang lebih besar.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Advertisement