YOGYAKARTA, KataIndonesia.com – Jangan harap menemukan perkedel di menu pelengkap Soto Pak Sholeh. Juga soal kecap yang digunakan, soto yang berdiri tahun 1952 ini konsisten tak berganti merek. Kecap itu jodoh.

Soto Pak Sholeh adalah salah satu warung soto enak dan legendaris di Yogyakarta. Cabang utama terletak di Jalan Wiratama No.84, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikenal dengan nama Soto Pak Sholeh Al Barokah. Menu utamanya adalah soto sapi.

Adalah Muhammad Sholeh yang awalnya berjualan soto dengan cara dipikul. Saat ini, Soto Pak Sholeh memiliki beberapa cabang di Yogyakarta.

Salah satu penerus Soto Pak Sholeh, Siti Rofiah, yang memegang cabang utama di Tegalrejo mengatakan Kelezatan Soto Pak Sholeh salah satunya karena pilihan bahan baku yang digunakan.

Sejak awal daging yang digunakan hanya sapi lokal atau sapi Jawa. Daging yang digunakan adalah daging segar, bukan daging yang disimpan di kulkas.

Biasanya dinihari, karyawan Soto Pak Sholeh akan datang ke tempat penyembelihan untuk membeli daging sapi yang masih segar. “Kalau menggunakan daging yang sudah dimasukan kulkas, rasa kuahnya sepo atau hambar. Jadi sejak dulu kami menggunakan daging yang masih segar,” kata Siti Rofi’ah.

Bumbu yang digunakan tidak berbeda dengan soto-soto lain yaitu bawang merah, bawang putih, merica, jahe. Untuk membuah kuah, biasanya menggunakan daging dan tulang.

Tidak ada Menu Perkedel

 

Di Soto Pak Sholeh, tidak ditemukan menu pelengkap perkedel. Menu pelengkap pokok hanya otak, paru, daging atau empal, lidah bacem. “Perkedel tidak cocok dinikmati dengan soto sapi,” kata Siti Rofi’ah. Ia juga tidak menggunakan soun. Menurutnya Soun hanya cocok untuk soto yang berkuah santan.

Tidak ada rahasia merek kecap yang digunakan oleh Soto Pak Sholeh. Sejak dulu kecap yang digunakan hanya merek itu. Kecap tersebut dinilai berjodoh dengan soto daging sapi Pak Sholeh.

Soto Pak Sholeh merupakan salah satu yang digemari para selebritis.

 

“Ahmad Dani sejak zaman masih pacaran sama Maia sampai sekarang menikah dengan Mulan kalau makan soto ya kesini. Begitu juga Katon, mereka yang promosi ke artis-artis lain untuk datang ke tempat kami,” kata Siti Rofi’ah.

 

Penggemar fanatik lain diantaranya mantan pimpinan KPK, Busyro Muqqodas, yang bahkan menjadi pelanggan Soto pak Sholeh sejak masih SMP. Almarhum Gus Dur sudah menjadi penikmat setia soto ini sejak tahun 80-an. Bahkan ketika menjadi presiden, dengan sendirinya, menteri-menteri di kabinetnya menjadi pelanggan soto ini.

 

SUMBER: KRJOGJA
Advertisement