JAKARTA, KataIndonesia.com – Selain Monas dan Taman Margasatwa Ragunan, lokasi wisata yang ramai dikunjungi warga adalah Setu Babakan.

Kawasan wisata Betawi ini ramai dikunjungi karena biayanya terbilang murah. Meskipun hanya ada danau, namun di lokasi ini ada kawasan edukasi tentang rumah Betawi dan pernak perniknya.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Rofiqoh Mustafa menyebut hingga sore hari, pengunjung Setu Babakan telah mencapai 5.000 orang.

Rufiqoh mengatakan Setu Babakan menjadi salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung saat libur panjang. Hal itu lantaran Setu Babakan tak memintai biaya masuk.

“Sekitar 5.000 orang memadati Setu Babakan mulai pagi hingga sore hari,” ujar Rofiqoh di Jakarta Senin (6/1).

Selain tak ada biaya masuk, Rofiqoh  menjelaskan, di kawasan Setu Babakan terdapat museum Betawi yang dapat mengajarkan anak-anak tentang sejarah budaya Betawi.

“Selain suasana sejuk di Setu Babakan, ada juga sarana edukasi untuk anak-anak  karena di sini ada Museum Betawi,” ujarnya.

Berbagai kuliner khas betawi dijajakan di Setu Babakan merupakan salah satu daya tarik juga. Adapun kuliner tersebut seperti  kerak telor, bir pletok, kue putu mayang, dan lain sebagainya.

“Kerak Telor paling banyak diminati pengunjung, bir pletok, dan kue putu mayang,” kata Rufiqoh.

Meski tak dikenakan biaya masuk, Rufiqoh tetap mengimbau kepada masyarakat yang datang agar membuang sampah pada tempatnya.

“Kewajiban masyarakat ialah menjaga, menjaga kebersihan Setu Babakan, itu menjadi tanggung jawab kita semua,” tutupnya.

 

LAPORAN: ANGGI