SBY Mengakui Saat Ini Demokrat Belum Punya Calon Presiden

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin rapat bersama pimpinan DPD Demokrat membahas capres-cawapres serta koalisi menjelang Pilpres 2019. SBY mengakui hingga saat ini partainya belum memiliki calon presiden yang akan diusung dalam Pilpres 2019.

“Saat ini Demokrat tidak punya calon presiden,” kata SBY di kediamannya di Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7)

SBY menuturkan bahwa proses pembahasan capres-cawapres masih berlangsung di internal majelis tinggi partai. Demokrat akan bekerja secara sistemik dan transparan.

SBY menjelaskan, capres dan cawapres yang akan diusung oleh Demokrat akan dilihat kesediaannya untuk memenuhi harapan dan keinginan rakyat.

“Mudah-mudahan bisa segera kami putuskan. Politik saat ini masih cair dan sangat dinamis,” sebut SBY.

Majelis Tinggi Partai Demokrat, kata SBY ingin mendengarkan seluruh aspirasi kader dari beberapa opsi yang muncul. Dia menyebut saat ini Demokrat masih terbuka lebar, baik itu mendukung Jokowi, Prabowo Subianto, atau capres lain.

“Ketiganya mungkin dan sekarang sedang kita matangkan,” ujar SBY.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat Max Sopacua sebelumnya mengatakan, obsesi partainya dalam pemilu presiden mendatang adalah mengusung Agus Harimurti Yudhoyono.

Keinginan itu dibahas dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat pada Senin (9/7).

Namun, obsesi itu masih terkendala syarat ambang batas pencalonan presiden-wakil presiden. Suara Demokrat tidak cukup untuk mengusung sendiri pasangan capres-cawapres.

Sebelumnya jauh sebelum Pilpres 2014, Demokrat menggelar Konvensi untuk menyeleksi capres. Namun, mereka yang bertarung dalam konvensi tidak dilirik parpol lain.

Akhirnya pada Pilpres 2014, SBY memutuskan Demokrat bersikap netral. Saat itu, Demokrat tidak ikut dalam pertarungan antara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

SHARE
Previous articleKetua DPP PAN: Pasangan Prabowo-AHY Sedikit Mustahil
Next articleNikita Mirzani Putuskan Berjilbab
Kata Indonesia
Kata Indonesia (kataindonesia.com) adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Kata Indonesia hanya mempunyai edisi daring yang berusaha menjadi salah satu situs berita yang penyajiannya fokus untuk informasi-informasi positif. Situs berita ini, menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual.