Reog Ponorogo Tampil Memukau di ICF 2018 Baku Azerbaijan

0

BAKU, KataIndonesia.com – Penampilan Reog Ponorogo dalam kegiatan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Azerbaijan yang menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku, Azerbaijan pada 11, 13, 15, dan 16 September 2018.

ICF tahun ini mengusung tema “Keeping The Archipelago Greatest Culture Alive”. ICF 2018 diadakan di dua tempat berbeda di Kota Baku, yaitu Heydar Aliyev Sarayi dan Fountaine Square yakni pusat perbelanjaan luar ruang yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Azerbaijan dan turis mancanegara.

Berbagai kalangan termasuk warga asing yang bermukim di Baku pun turut menyaksikan ragam budaya Indonesia yang digelar.

Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 diawali dengan pertunjukan berbagai tari tradisional Indonesia. Mulai dari Tari Lenggang Nyai dari Jakarta, hingga Tari Sanggau dari Kalimantan.

Menurut masyarakat Kota Baku, yang benar benar membuat penonton melongo adalah atraksi Reog dari Kelompok Reog Sanggar Sabuk Janur Ponorogo.

Menurut ketua Komunitas Sanggar Sabuk Janur, penampilan Reog menjadi andalan ICF dan menandakan Reog mulai mendunia.

“Dengan adanya Reog Ponorogo di Baku Azerbaijan bahwa kemajuan kebudayaan dari Ponorogo sudah mendunia di Negara kawasan Kaukasus” ujar Wisnu, Ketua Sanggar Sabuk Janur Reog Ponorogo.

Selain Barongan Dadak Merak berkepala singa yang menjadi sentra pertunjukan, ada pula Bujang Ganong dan jathil yang ditarikan sekelompok penari perempuan.

“Tingkah sang Barongan Dadak Merak yang gagah namun seringkali juga lucu dan jahil sontak membuat para penonton terkocok emosinya, kadang tertawa, kadang terpekik kaget dan kadang juga melongo dibuatnya,” Kata Megha Moreta, WNI yang ada di kota Baku.

Tak sedikit yang meminta berfoto bersama sang penampil Reog di akhir penampilan mereka.

Penampilan Reog Ponorogo di ICF 2018 tidak lepas dari peran Kementerian pemuda dan  olahraga (Kemenpora) yang sangat mendukung kesenian Reog untuk tampil di kancah Internasional.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Advertisement